Produksi Semen Maruni Meningkat, Bisa Capai 3 Juta Ton per Tahun



Foto : Gubernur Papua Barat, Domimggus Mandacan bersama pejabat terkait usai melepas ekspor clinker semen di PT.SDIC Maruni, Manokwari Papua Barat, Kamis (5/3/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Produksi Semen PT.SDIC Maruni Manokwari, Papua Barat menunjukan peningkatan sejak tahun 2017-2019. Dari 57.235 ton semen, meningkat 205 ton semen tahun 2018 dan 515 ton semen tahun 2019.

Ditahun ini, PT.SDIC Maruni mengirim 45 ribu Ton Clinker (bahan jadi semen) ke Taiwan. Bahan ini akan dikelola lagi menjadi berbagai jenis semen.

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan mengatakan ekspor ini menunjukan kekayaan SDA Papua Barat.

“Apalagi semen sudah diekspor ke berbagai negara, Taiwan, Timor Leste. Sebelumnya ke Chili, PNG, Australia. Ke depan ditingkatkan agar ekspor semen ke lebih banyak negara lagi,” ujarnya saat melepas ekspor clinker semen, Kamis (5/3/2020) di Manokwari.

Menurutnya, ekspor semen ke negara di berbagai belahan dunia akan meningkatkan investasi negara, pemerintah provinsi dan Pemkab Manokwari. Ini sekaligus mengundang investor lain untuk masuk ke Papua Barat.

“Kalau kapasitas produksi sekarang 3.2 ribu ton per hari, penambahan line production kedua berkapasitas 5 ribu Ton perhari. Total kapasitas produksi bisa meningkat menjadi 82 ribu ton/hari atau 3 juta ton per tahun,” beber Dominggus.

Disisi lain mantan bupati Manokwari ini menginginkan seluruh bahan baku disiapkan di Manokwari. Pasalnya masih ada bahan baku yang diambil dari Makassar, Sulawesi Selatan.

“Saya ingin material selain kapur, diambil di Manokwari. Dengan begitu harga semen untuk konsumen semakin murah,” katanya.

Dicontohkan, harga satu sak semen yang pernah menyentuh Rp.100 ribu/sak, kini turun hingga Rp.75 ribu/sak.

“Kehadiran industri semen yang pertama di Indonesia Timur ini, tentu berdampak positif bagi pergerakan roda perekonomian di Manokwari, Papua Barat, bahkan bisa berdampak secara Nasional,” singkatnya.

Dalam kesempatan itu, gubernur mengapresiasi kinerja Bea Cukai, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona di pelabuhan PT SDIC Cement Indonesia Maruni – Papua Barat. (arn/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan