Putri Kapolri Bagi Buku dan Pasang Transplantasi Karang di Kampung Yenbuba Raja Ampat



Foto : Firda Athira Idham Aziz (paling kiri), ikut memasang transplantasi patahan karang di laut sekitar dermaga Kampung Yenbuba, Raja Ampat.

WAISAI, Nokennews.com – Firda Athira Idham Aziz, menggelar aksi sosial di Kampung Yenbuba, Distrik Moesmansar Raja Ampat, Jumat (1/10/2020). Putri Jenderal Polisi Idham Aziz ini, memilih menghabiskan waktu liburannya dengan berbaur dengan anak sekolah dan membuat transplantasi karang.

Perempuan yang akrab disapa Firda, memiliki yayasan Firda Athira Foundation, yang fokus meningkatkan kesejahteraan anak-anak sekolah di Indonesia.

Sedikitnya 100 paket buku cerita bergambar, botol isi ulang Tumblr dan tempat pensil diberikan kepada100 anak SD Kampung Yenbuba. Mereka pun senang mendapat paket bingkisan tersebut.

“Buku yang diberikan ini saya tulis sendiri, bertemakan bagaimana mencintai laut Indonesia. Karena yayasan saya konsen pada kesejahteraan anak-anak sekolah Indonesia,” jelas Firda.

Foto : Firda Athira Idham Aziz bersama anak-anak di atas jembatan Kampung Yenbuba, Distrik Moesmansar Raja Ampat, Jumat (1/10/2020).

Foto : Firda Athira Idham Aziz bersama anak-anak di atas jembatan Kampung Yenbuba, Distrik Moesmansar Raja Ampat, Jumat (1/10/2020).

Setelah itu, Frida bersama tim Professional Association of Divers Raja Ampat (PADRA), melakukan transplantasi karang. Mereka menggunakan medium penempelan patahan 10 terumbu karang, dengan 1 medium memiliki 15 titik transplantasi.

Medium terumbu karang ini dipasang di sekitar laut dermaga Kampung Yenbuba.

“Patahan terumbu karang ini dipasang erat titik transplantasi pada rak medium yang disiapkan. Setelahnya dipasang, nanti terumbu karang baru akan lahir dan menghiasi dermaga kampung Yenbuba,” terangnya.

Transplantasi terumbu karang merupakan salah satu teknik rehabilitasi karang dengan teknik pencangkokan. Teknik ini berperan mempercepat regenerasi terumbu karang yang semakin terdegradasi, terutam di perairan Raja Ampat.

Kapolres Raja Ampat, AKBP Andre Julius William Manuputty bersama istri, ikut mendampingi kegiatan putri Kapolri, Firda Athira Idham Aziz tersebut. (pzk/nn)

 

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan