Raja Fakfak Pendiri Cenderawasih Revolutionari Jadi Pahlawan Nasional



Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. (els/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Presiden RI, Ir.Joko Widodo, menetapkan Machmud Singgirei Rumagesan sebagai pahlawan Nasional dari Papua, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan ke-75, Selasa (10/11/2020).

Machmud Singgirei Rumagesan, merupakan Raja di kawasan Sekar (sekarang kabupaten Fakfak). Ia sempat mendirikan Cenderawasih Revolutionari Movement of West Irian, untuk melawan penjajahan Belanda.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan berterima kasih kepada Presiden, atas penganugerahan pahlawan Nasional itu.

“Hari ini bertambah satu lagi pahlawan perjuangan Nasional dari Papua, khususnya dari Fakfak Papua Barat. Terima kasih pak Presiden,” ungkapnya usai virtual peringatan Hari Pahlawan dari Istana Negara Jakarta.

Dominggus mengaku banyak orang Papua, yang patut dan bisa sejajar dengan pahlawan Nasional, hanya membutuhkan pendalaman banyak hal. Diantaranya bukti-bukti sejarah yang kuat, latar belakang sejarah dan beberapa hal penting lain.

Menurutnya, perjuangan para pahlawan menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk Papua Barat. Jika para pejuang menggunakan bambu runcing untuk mengusir penjajah, kini banyak cara untuk melanjutkan perjuangan.

“Satukan langkah dan irama untuk sukseskan pembangunan. Manfaatkan teknologi untuk melanjutkan berbagai bidang pembangunan,” terangnya.

Peringatan Hari Pahlawan di Istana Negara Jakarta, juga diselingi dengan penaburan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dipimpin Presiden RI Joko Widodo. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan