Rekomendasi Calon Anggota DPR Otsus Harus Sesuai Aturan



Foto : Ketua MRP Papua Barat, Maxi Nelson Ahoren.

MANOKWARI, Nokennews.com – Panitia Penjaringan (Panja) anggota DPR Papua Barat jalur Otsus, diminta memperhatikan sejumlah hal penting. Diantaranya sesuai Amanat Undang Undang Otonomi Khusus (Otsus).

Ketua Majelis Rakyat Papua provinsi Papua Barat, Maxi Nelson Ahoren menegaskan Panja tak boleh mengabaikan Perdasus Nomor 4 Tahun 2019 tentang pengisian keanggotaan DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan.

“Ada hal-hal penting yang harus diperhatikan panitia penjaringan. Misalnya hak kekhususan masyarakat adat Papua,” tegas Maxi, Jumat (13/12/2019) di Manokwari.

Menurutnya Pansel tidak bertanggung jawab terhadap masalah di kemudian hari jika rekomendasi Panja tidak sesuai aturan.

“Makanya saya ingatkan lagi, panitia penjaringan di kabupaten/kota memperhatikan kriteria dan syarat pencalonan berdasarkan amanat Perdasus.

Ia mengungkap beberapa kriteria rekruitmen calon anggota DPR Papua Barat jalur pengangkatan, diantaranya batasan usia serta yang masih terikat dengan partai politik.

ASN dan pejabat pengguna anggaran APBD juga dilarang, termasuk 11 anggota DPR PB Otsus yang disarankan mengundurkan diri saat mendaftar di panitia penjaringan.

“Jika ada salah satu larangan kriteria yang dilanggar, kami (Pansel) tidak mengakomodir dan bisa saja mengembalikan berkas calon tersebut,” bebernya.

Maxi juga kembali mengingatkan digelarnya musyawarah adat yang mengedepankan asas kekeluargaan. Ini bertujuan untuk menghindari daerah yang merasa dianaktirikan.

Dari 13 kabupaten/kota akan disesuaikan dengan kuota 11 kursi DPR PB jalur Otsus. Dengan demikian, penyesuaian ini mengharuskan dua daerah lain harus legowo.

“Untuk Manokwari Raya aman sebab 3 kursi, wilayah Sorong Raya 6 daerah untuk 5 kursi dan wilayah Selatan, 4 daerah untuk 3 kursi,” ujarnya lagi.

Ia mengusulkan daerah yang sudah diakomodir dalam periode 2015-2019 memberi kesempatan kepada daerah yang belum, dengan maksud menghindari kecemburuan. (amj/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan