RSU Provinsi Tak Lagi Tangani Pasien Covid-19 Asal Manokwari



Foto : Rumah Sakit Umum (RSU) Rujukan Provinsi. Melayani pasien rujukan Covid-19 dari empat daerah, selain Manokwari. (els/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Saat ini Rumah Sakit Umum (RSU) Rujukan Provinsi, melayani pasien rujukan Covid-19 dari empat kabupaten. Pasien Covid-19 asal Manokwari, ditangani langsung RSUD Manokwari.

Gubernur Ppaua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengatakan Rumah Sakit Daerah Provinsi fokus merawat pasien rujukan dari daerah yang belum miliki RSU.

“Mulai sekarang, RSU Provinsi tidak menangani pasien Covid-19 Manokwari. Dikembalikan penanganannya ke RSUD Manokwari,” jelasnya saat rapat koordinasi persiapan kunjungan Kepala BNPB dan dua menteri ke Manokwari, Senin (6/7/2020).

Rumah Sakit Umum Provinsi, disiapkan untuk merawat pasien Covid-19 yang berasal dari Pegunungan Arfak (Pegaf), Maybrat, Tambrauw dan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel).

Kementerian Kesehatan sebelumnya telah menetapkan dua rumah sakit rujukan Covid-19 di Papua Barat, yakni RSU Provinsi dan RSUD Sele be Solu Kota Sorong.

“Jika RSUD Manokwari, melebihi daya tampung pasien Covid-19, bisa dirujuk ke RSU Provinsi,” beber Gubernur.

Sejauh ini polymerase chain reaction
(PCR) milik RSU Provinsi sudah memeriksa sekira 456 sampel Swab, dengan 12 diantaranya positif.

“Dari 12 pasien yang dirawat di RSU Provinsi, ada yang sudah sembuh. Malah, ada yang dirawat secara isolasi mandiri dan sembuh,” beber Jubir Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap.

RSU Provinsi memiliki sekira 100 lebih tempat tidur, dilengkapi satu alat Tes Cepat Molekuler (TCM) dan dua PCR. Sarana dan Pra Sarana ini, disiapkan untuk penanganan pasien Covid-19.

Dokter yang juga sebagai Direktur RSU Provinsi ini mengaku kesiapan rumah sakit menghadapi Covid-19, juga akan dilihat langsung rombongan dari pusat yang tiba di Manokwari, Senin sore.

Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo bersama Menteri Pembangunan Manusia dan kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy serta Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto. Sp. Rad, direncanakan tiba di Manokwari, pukul 16.00 WIT. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan