RT/RW Perlu Dilibatkan Awasi Warga yang Karantina Mandiri



Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. (els/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah, diharapkan tidak melakukan kontak dengan orang terdekat. Pengawasan ekstra serta dukungan moral tentu sangat dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan.

Isolasi secara mandiri di rumah atau karantina mandiri, menjadi alternatif jika fasilitas karantina yang disediakan pemerintah tak lagi mencukupi atau full.

“Mau tidak mau isolasi mandiri di rumah. Tetapi harus terpisah dan rumah dihuni hanya sedikit orang untuk menghindari terjadinya kontak antara pasien dan penghuni rumah yang lain,” jelas dr. Arnoldus Tiniap, juru bicara Satgas COVID-19 Papua Barat.

Ditemui wartawan, Jumat (9/10/2020), dirinya menilai perlunya keterlibatan pengurus RT/RW dalam hal pengawasan. Ini juga bisa dilakukan oleh masyarakat sekitar yang tinggal berdekatan dengan pasien isolasi mandiri.

“Sudah banyak kasus yang ditemui, isolasi mandiri tetapi pasien bisa ke kios, ke pasar dan bahkan pergi membeli air galon,” ungkapnya.

Menurutnya pasien yang diisolasi di rumah, tidak harus seenaknya bepergian ke mana-mana. Pasalnya, potensi penularan virus dari yang bersangkutan, bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Keluarga dan kerabat menjadi pihak terdekat yang diharapkan tetap memberi semangat, selain kontrol secara rutin yang dilakukan petugas kesehatan.

“Virus ini menular, jadi bagaimana pasien tidak menularkan lagi ke orang lain. Itu yang kita jaga bersama sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Papua Barat,” singkatnya.

Hingga Jumat, jumlah pasien yang di rawat secara akumulatif di Papua Barat, sebanyak 1.335. Diantaranya 693 orang dirawat di Kota Sorong, 245 orang di Manokwari dan 220 orang di Teluk Bintuni.

Mereka rata-rata dirawat di fasilitas karantina terpusat yang disediakan pemerintah kabupaten/kota, tetapi sebagian diantaranya menjalani isolasi secara mandiri di rumah. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan