Rumah Sakit di Sorong dan Manokwari Bakal Miliki PCR Covid-19



Foto : Jubir Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. Papua Barat segera miliki PCR, sampel swab tak harus dikirim ke luar lagi. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) provinsi Papua Barat, bakal memiliki PCR (Polymerate Chain Reaction), alat untuk pemeriksaan sampel swab.

“Kita sedang upayakan agar memiliki alat itu. Jika sudah ada, hasil sampel swab tak lagi harus dikirim ke laboratorium Makassar,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap, Selasa (28/4/2020) di Manokwari.

Tiniap menjelaskan, tes swab adalah uji usap nasofaring dengan mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung dan tenggorokan atau dahak, untuk diperiksa di laboratorium

Sampel lendir yang diambil dengan metode swab ini, akan diperiksa menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk memastikan virus Covid-19 dalam tubuh manusia.

Saat ini Pemerintah Indonesia sedang berusaha mengimpor peralatan tes swab dari Korea dan China. Dan, akan didistribusikan ke seluruh daerah, termasuk Manokwari, Papua Barat.

“Kami masih menunggu alatnya disetting. Untuk memastikan penggunaan alat itu, harus diinstal oleh teknisi,” bebernya.

Alat ini, lanjut dia, akan ditempatkan di salah satu Rumah Sakit di Kota Sorong dan Manokwari. Di kabupaten Bintuni, juga sedang disiapkan alat yang dimaksud. Pemprov Papua Barat, juga mengupayakan alat yang sama untuk kabupaten Fakfak dan Kaimana.

“Jika sudah memiliki alat sendiri, pemeriksaan sampel swab akan berjalan cepat. Semoga cepat bisa digunakan,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan