Salut! Umat Muslim Fakfak Kumpul Uang, Siap Sukseskan Pentabisan Pastor



Foto : Cyrillus Sera Adopak, SE, MM (kanan), Ketua Panitia misa perdana pentabisan pastor di Fakfak.

FAKFAK, Nokennews.com – Kerukunan beragama di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, merupakan cerminan Bhineka Tunggal Ika yang sesungguhnya.

Bagaimana tidak, kebersamaan antara satu sama lain tanpa mandang suku, ras dan agama sudah dipupuk sejak jaman dahulu kala dan berlangsung hingga kini.

Satu contoh terbaru, warga kampung Torea kabupaten Fakfak, menggelar Tombormag, budaya turun-temurun yang dilakukan jelang sebuah hajatan dengan mengumpulkan uang secara bersama-sama.

Hal ini dilakukan untuk mendukung pentabisan Pastor Martin Hombahomba, Minggu (23/8/2020) di Fakfak. Calon Pastor tersebut saat ini berstatus Diakon, dan akan menjadi Pastor orang Asli Papua ke tiga di daerah itu.

Haji Talib Hombahomba membenarkan budaya Tombormag sudah sejak jaman nenek moyang dahulu. Mereka ikut mengumpulkan uang secara bersama-sama, untuk mendukung sebuah hajatan besar.

“Kami lakukan itu kalau merasa uang yang dibutuhkan untuk hajatan masih kurang. Dan, kami sangat mendukung pentabisan Pastor minggu depan,” jelasnya.

Budaya Tomborgmag juga diikuti sejumlah umat Kristen Protestan, Katolik dan warga lain di Kampung Torea, Kamis (13/8/2020). Dalam sehari, mereka berhasil mengumpulkan Rp.71 Juta, sekaligus siap menyukseskan acara pentabisan nanti.

Ketua panitia misa perdana, Cyrillus Sera Adopak, SE, MM mengatakan calon Pastor Martin Hombahomba merupakan salah satu generasi penerus pimpinan umat Katolik di Fakfak.

Menurutnya pentabisan Pastor Martin Hombahomba akan menjadi salah satu catatan sejarah untuk umat Katolik di Fakfak.

Meski demikian, diakuinya pentabisan nanti digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemi COVID-19.

“Pentabisan sudah ditetapkan tanggal 23 Agustus nanti. Tetap digelar oleh Keuskupan dengan menyesuaikan protokol kesehatan,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan