Sapuan Badai Tenggelamkan Ratusan Kayu Log di Kaimana



Foto : Ratusan kayu log yang diangkut kapal tongkang di perairan Kaimana. (istimewa)

KAIMANA, Nokennews.com – Ratusan kayu Log tang diangkut kapal tongkang milik PT. Prabu Alaska, tenggelam di antara perairan Gaka dan Ubia, Distrik Kambrauw Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Dugaan kuat, kapal yang mengangkut sekira 600-an batang kayu log ini, tak kuat menahan badai dan tingginya gelombang laut. Bahkan, badan kapal tongkang tersebut dikabarkan patah.

Kapolres Kaimana AKBP Iwan P. Manurung, membenarkan kejadian itu. Pihaknya pun sudah mendapat laporan tentang kecelakaan kapal yang dimaksud.

“Benar, ada kecelakaan laut yang menimpa kapal tongkang saat mengangkut kayu,” jelas kapolres melalui Kapolsek Buruway, Iptu Wisran Litiloly, Senin (27/7/2020).

Via ponselnya, ia menduga kuat kecelakaan laut tersebut diakibatkan cuaca buruk yang sedang terjadi di Kabupaten Kaimana. Upaya evakuasi ratusan kayu log oleh kapal tongkang lain, juga terhalang cuaca.

“Perusahaan datangkan kapal pengganti untuk mengangkut kembali kayu di laut, tetapi masih terhalang cuaca yang tak bersahabat,” bebernya lagi.

Meski demikian, dirinya menganjurkan langsung mengkonfirmasi dengan pihak perusahaan, agar mendapat data yang lebih akurat.

Dari informasi yang diperoleh wartawan, kapal tongkang mengangkut kayu 6.000 kubik atau sekira 812 batang kayu log dari Kaimana menuju ke Gresik Jawa Timur.

Sekira 200-an batang kayu log yang berhasil diselamatkan kapal pengganti yang dikirim perusahaan, dan saat ini berlabuh di pelabuhan Kaimana.

Pihak perusahaan sendiri akan mengevakuasi ratusan kayu log lain di laut, saat kondisi cuaca kembali normal. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan