Satgas Covid-19 Pabar Simulasikan Penanganan Pasien di Bandara



Foto : Tim Satuan Tugas penanganan Covid -19 Papua Barat, menggelar simulasi di Bandar Udara Rendani, Manokwari, Selasa (17/3/2020). (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Tim Satuan tugas penanganan Covid -19 Papua Barat, menggelar simulasi di Bandar Udara Rendani, Manokwari, Selasa (17/3/2020).

Kegiatan ini dilalukan dengan beberapa protokoler standar sebagai langkah preventif pencegahan virus Corona.

Dimulai dengan simulasi mendirikan tenda tanggap darurat Isolasi Tim Covid-19, edukasi hidup sehat serta prosedur penggunaan peralatan pelindung kesehatan berupa masker, sarung tangan, hair net dan alat kelengkapan hygen.

Tim Satgas juga melakukan langkah simulasi penanganan Pasien Covid-19 saat berada dalam pesawat. Upaya pencegahan lain juga dilakukan dengan cara menyemprot disinfektan serta pemeriksaan suhu badan penumpang.

Ketua Tim Satgas Penanganan Bencana Covid-19 Papua Barat, Derek Ampnir menjelaskan langkah pencegahan melalui simulasi sebagai edukasi bagi petugas dan masyarakat.

“Sesuai UU Nomor 24 Tahun 2007, tentang penanggulangan Bencana difokuskan kepada langkah edukasi sebagai salah satu upaya pencegahan,” terangnya.

Menurut Derek, Manokwari harus steril dan aman sebagai ibu kota provinsi dan juga sebagai pusat penyelenggaraan administrasi pemerintah daerah.

“Pengetahuan dan kapasitas dari penanganan dalam simulasi ini, akan kita gelar juga di Sorong sebagai pintu masuk Papua Barat. Beberapa daerah lain juga tentunya,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan