Satgas Covid-19 Papua Barat Terbitkan 145 Rekomendasi Perjalanan Ke Luar Daerah



Foto : Pelayanan pengurusan surat rekomendasi perjalanan, mulai Selasa (14/4/2020) berpindah tempat ke Bandara Rendani Manokwari. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Satgas Covid-19 Papua Barat, telah menerbitkan 145 surat rekomendasi perjalanan ke luar daerah. Meski demikian, mereka yang sudah bepergian keluar Manokwari, tak bisa kembali seenaknya.

“Boleh kembali setelah Covid-19 berakhir. Ada dalam surat pernyataan yang ditandatangani,” ujar Koordinator Lapangan Seksi Angkutan Orang dan Barang Dishub Papua Barat, Basri Usman, Senin (13/4/2020) di posko Satgas Covid-19 Papua Barat, di Manokwari.

Ia mengaku pengurusan surat tidak berbelit-belit. Hanya dengan menyiapkan surat kesehatan serta foto copy KTP pemohon.

Pengurusan surat perjalanan ke luar daerah bagi warga yang ber-KTP luar Papua Barat, langsung diproses. Sebaliknya, pengurusan ini lebih selektif bagi warga ber-KTP Papua Barat. Pasalnya sudah ada kebijakan larangan bepergian ke luar daerah.

“Kita lihat dulu urgensinya, kalau misalnya sakit dan hendak berobat ke luar, harus ada surat keterangan dokter. Bagi ASN atau TNI/Polri harus ada surat tugas juga,” bebernya.

Foto : Koordinator Lapangan Seksi Angkutan Orang dan Barang Dishub Papua Barat, Basri Usman. (pzk/nn)

Basri mengungkap pengantar pasien yang sakit ke luar daerah, juga tak bisa langsung balik ke Manokwari. Apalagi mereka yang pergi ke daerah terpapar Covid-19.

Dinas Perhubungan Papua Barat, juga berkoordinasi dengan pihak maskapai untuk mengantisipasi mereka yang bepergian dan ingin kembali ke Manokwari.

“Pihak maskapai juga menolak jika mereka yang keluar dan ingin kembali. Ada konsekuensinya jika melanggar,” ujarnya.

Senin hari ini sedikitnya 45 orang yang mengurus surat rekomendasi perjalanan ke luar daerah. Apalagi besok pesawat Sriwijaya Air, melayani rute penerbangan Manokwari – Sorong. Sedangkan maskapai Batik Air, tiga kali seminggu melayani penerbangan dari dan ke Manokwari.

“Saat ini hanya Batik Air setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Besok Sriwijaya Air masuk, tetapi hanya setiap hari Selasa saja,” aku Basri lagi.

Mulai Selasa (14/4/2020), pengurusan surat rekomendasi perjalanan dipindahkan di Bandara Rendani Manokwari. Selain menerapkan social distancing, sekaligus memudahkan warga untuk membeli tiket langsung.

“Kami sudah koordinasikan dengan kepala bandara dan diberikan satu ruangan. Akan dibantu aparat keamanan juga di sana, agar benar-benar menerapkan social distancing,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan