Satu Daerah di Papua Barat, Belum Tetapkan Paslon Bupati-Wabup



Gambar ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah Serentak. (istimewa)

MANOKWARI, Nokennews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Papua Barat, masih memantau perkembangan tahapan Pilkada di kabupaten Manokwari Selatan. Hingga kini, KPU setempat belum menggelar pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati.

Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya mengatakan terdapat sembilan daerah di Papua Barat, yang menggelar Pilkada serentak tahun 2020.

Diantaranya kabupaten Manokwari, Fakfak, Sorong Selatan, Kaimana, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Raja Ampat, Teluk Wondama dan Manokwari Selatan.

“Dari sembilan daerah itu, kabupaten Manokwari Selatan belum menetapkan calon bupati dan wakli bupati untuk Pilkada nanti,” ujar Paskalis, Jumat (25/9/2020) di Manokwari.

Tahapan penetapan oleh KPU Manokwari Selatan, tertunda karena salah satu bakal calon bupati yang telah mendaftar ke KPU, masih menjalani isolasi akibat terpapar COVID-19.

Paskalis mengungkap delapan daerah lain telah melakukan penetapan dan pencabutan nomor urut, Kamis 24 September 2020. Secara keseluruhan, terdapat 18 pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bertarung di Pilkada di Papua Barat.

Sesuai dengan tahapan, kampanye calon bupati dan wakil bupati 8 daerah itu, dimulai 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020, atau berlangsung selama 71 hari.

Sebelumnya, ke-18 pasangan calon dinyatakan lolos seleksi administrasi saat verifikasi berkas dan pemeriksaan kesehatan.

Khusus untuk Manokwari Selatan, KPU Papua Barat masih menunggu pemeriksaan hasil swab kedua. Sebelumnya satgas COVID daerah setempat sudah melakukan swab pertama dengan hasil positif.

“Saat ini yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri tahap kedua. Kita berharap hasil swab ke dua negatif, sehingga tahapan Pilkada kabupaten Manokwari Selatan, bisa berjalan,” singkat Paskalis.

KPU Provinsi Papua Barat, lanjut dia terus berkordinasi dengan Satgas COVID-19. Jika hasil swab kedua positif, KPU akan mengembalikan kepada partai terkait soal usungan calon bupati untuk Pilkada Manokwari Selatan. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan