Sebut Papua Barat Berhasil Tangani COVID-19, Doni Monardo Titip Pesan Penting



Foto : Rapat penanganan COVID-19 Gugus Tugas Nasional, provinsi dan kabupaten/kota Papua Barat, secara virtual di Manokwari, Selasa (7/7/2020). (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo, menitip sejumlah pesan penting untuk Provinsi Papua Barat. Salah satunya, Gugus Tugas Provinsi diminta meningkatkan penanganan COVID-19.

“Penanganan COVID-19 di Papua Barat, untuk sementara cukup berhasil” sebutnya saat kunjungan rombongan Gugus Tugas Nasional COVID-19, Selasa (7/72020) di Manokwari.

Ia menyebut sejumlah indikator penilaian keberhasilan penanganan COVID-19 di Papua Barat, diantaranya jumlah kasus positif yang tidak sebanyak daerah lain, dengan tingkat kesembuhan yang tinggi pula.

“Hanya empat orang yang meninggal akibat COVID-19, atau sekitar 1,5 persen dari total kasus positif. Angka ini cukup kecil jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, dari 265 kasus positif yang terkonfirmasi dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat, 184 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan kasus kematian hanya terjadi di satu daerah dan dinilai sebagai keberhasilan pencegahan dan penanganan.

Di sisi lain, empat wilayah di Papua Barat, yang hingga kini berhasil mempertahankan zona hijau, Kabupaten Maybrat, Tambrauw, Sorong Selatan dan Pegunungan Arfak, juga merupakan suatu pencapaian yang patut diapresiasi.

“Dari catatan, saat ini ada juga daerah yang mulai bergerak menuju zona hijau, Manokwari dan Teluk Bintuni. Khusus Teluk Bintuni pasien sudah sembuh 100 persen dan belum ditemukan kasus baru,” kata Kepala BNPB pusat ini.

Dalam kesempatan yang sama, Doni menyampaikan sejumlah pesan penting untuk masyarakat Papua Barat. Selain menaati protokol kesehatan, masyarakat juga diminta meningkatkan imunitas tubuh, berolahraga secukupnya dan tidak boleh stres.

“Konsumsi makanan bergizi. Pak Gubernur tadi sampaikan satu batang sagu bisa hasilkan 50-450 kg sagu basah. Artinya bisa dikonsumsi keluarga hingga beberapa bulan. Sagu sangat bergizi,” ujarnya.

Selain sagu, Doni juga menyebut Papua Barat sangat kaya akan hasil ikan laut. Ia mencontohkan ikan Tuna yang bisa dimanfaatkan menjadi sop tuna yang kaya akan Omega tiga.

“Pesan khusus bagi Gugus Tugas provinsi Papua Barat, tingkatkan penanganan pencegahan COVID-19. Papua Barat, untuk sementara cukup berhasil,” singkatnya. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan