Selamat, PN Manokwari Naik Tipe, Pertanda Pengadilan Tinggi PB Segera ?



Pengadilan Negeri Manokwari (PN.Manokwari), kini naik tipe menjadi Kelas IB. (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Christian Warinussy SH, mendorong pembentukan Pengadilan Tinggi Papua Barat.

Kehadiran Pengadilan Tinggi Papua Barat, dinilai sangat penting untuk memperpendek rentang kendali pelayanan para pencari keadilan di Tanah Papua, khususnya Papua Barat.

“Menurut saya, ini harus jadi atensi. Ketua Mahkamah Agung RI dan Pemerintah RI melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (PAN & RB), segera menghadirkan Pengadilan Tinggi di Provinsi Papua Barat,” tulisnya dalam rilis, Selasa (2/2/2021).

Lanjutnya, kehadiran Pengadilan Tinggi Papua Barat, didukung keberadaan 4 Pengadilan Negeri (PN), yaitu PN.Sorong Kelas IB, PN.Manokwari Kelas IB, PN.Fakfak Kelas II dan PN.Kaimana Kelas II.

Hal ini kemudian dapat menjadi dasar untuk mendorong berdirinya PN.Teluk Bintuni.

“Sejauh saya ketahui, lahannya sudah disiapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni,” bebernya lagi.

Selain itu juga mempersiapkan berdirinya Pengadilan Negeri (PN) di daerah yang cukup jauh dari sisi geografis dan letak topografinya seperti di Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Raja Ampat.

Warinussy juga mengapresiasi naiknya status PN.Manokwari dari Kelas II menjadi Kelas I B oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Belum lama ini, Sonny Alfian Blegoer Laoemoery, SH dilantik sebagai Ketua PN.Manokwari Kelas IB. Selasa (2/2/) hari ini giliran Cahyono Riza Adrianto, SH, MH dilantik sebagai Wakil Ketua PN.Manokwari.

“Tipe PN.Manokwari sama dengan Sorong. Naiknya kelas PN.Manokwari, semoga menjadi benteng terakhir masyarakat yang mencari keadilan,” singkatnya. (rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan