Senada Dengan Gubernur, MRP : Dana Otsus Jangan Kemana-mana, Bangun SDM OAP



Foto : Ketua Majelis Rakyat Papua provinsi Papua Barat, Maxi Nelson Ahoren. (els/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Peruntukan Dana Otonomi Khusus, tak hanya untuk pembangunan infrastruktur dan beberapa bidang pembangunan yang lain. Tetapi, sangat penting pula untuk membangun SDM orang asli Papua.

Saat ini beragam kebijakan daerah melahirkan program untuk meningkatkan SDM orang asli Papua, diantaranya bidang pendidikan (afirmasi), kesehatan dan termasuk TNI/Polri.

Salah satu upaya pemerintah Provinsi Papua Barat, yang sudah di depan mata adalah Secaba Otsus, yakni penerimaan Bintara khusus anak asli Papua, hasil dukungan TNI AD.

Ketua Majelis Rakyat Papua, provinsi Papua Barat, Maxi Nelson Ahoren berterima kasih kepada Gubernur Dominggus Mandacan, atas dukungannya untuk Secaba Otsus.

“Akan ada seribu anak asli Papua, untuk jatah Secaba Otsus. Kita berterima kasih dan dana Otsus memang harus dipakai untuk program semacam ini,” ujarnya kepada wartawan di Manokwari, Selasa (4/8/2020).

Ia menilai hasil pertemuan gubernur bersama para bupati/wali kota se-Papua Barat, belum lama ini di Manokwari, melahirkan kesepakatan yang tepat tentang pembiayaan anak asli Papua dalam program Secaba Otsus.

“Setiap kabupaten/kota, menyisihkan sebagian persen dana Otsus, untuk membiayai anak-anak saat pendidikan Secaba Otsus. Itu sangat baik dan benar bermanfaat bagi OAP,” terangnya.

Hal yang sama diharapkan menjadi perhatian serius kepala daerah di Papua Barat, untuk tes bintara dan tamtama di kepolisian dan bidang yang lain.

“Untuk tes Secaba dan Bintara, dana Otsus yang digunakan mulai mendidik saat kelas dua SMA, tes hingga pendidikan. Begitu juga dengan bidang yang lain,” jelas Maxi.

MRP Papua Barat, mendukung program kebijakan untuk orang asli Papua, dalam bidang apa pun. Asalkan, dana Otsus tidak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab, untuk hal-hal yang merugikan orang asli Papua. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan