Senator Papua Barat Dukung Pembentukan PATBM Kabupaten/kota



Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, Yance Samonsabra (kiri) bersama Kepala Dinas PPPA Papua Barat, Elsina Sesa (tengah). (istimewa)

MANOKWARI, Nokennews.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dapil Papua Barat, Yance Samonsabra mendukung pembentukan PATBM di seluruh kabupaten/kota Papua Barat.

Saat ini Tempat Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) baru terbentuk di Kota Sorong, Manokwari, Teluk Bintuni, Manokwari Selatan. Sedangkan untuk kabupaten Pegunungan Arfak masih sebatas sosialisasi.

“Daerah harus berusaha melindungi atau melalukan pendamping psikologis bagi ibu dan anak, akibat kekerasan terlebih pelecehan seksual,” ujarnya saat bertemu Kepala Dinas PPPA Provinsi Papua Barat, Elsina Y Sesa, Selasa (12/10/220) di Manokwari.

Menurutnya sangat penting pemerintah menaruh perhatian serius terhadap perlindungan ibu dan anak, yang merupakan aset negara.

Agenda pertemuan reses ini dilakukan untuk membahas peran daerah dalam mengaplikasikan UUD 35 Tahun 2014 tentan Perlindungan Anak. Perlindungan anak secara terpadu dipandang penting dalam jaman modern saat ini.

Senator Yance berharap PATBM dapat pula dibentuk kabupaten lain, agar penanganan perlindungan ibu dan anak dari kekerasan berjalan maksimal.

“Soal dukungan anggaran, saya akan berusaha saat agenda rapat dengar pendapat agar kementrian terkait bisa segera mengusulkan,” bebernya.

“Pemerintah daerah, provinsi dan Kementerian PPPA, agar lebih serius dan fokus mensosialisasikan dan mendukung operasional relawan di lapangan,” pesannya.

Senada, Elsina Y Sesa mengaku keterbatasan anggaran sedikit mengganggu upaya pemerintah daerah dalam hal pembentukan PATBM.

PTAMB dibantu relawan, aktivis dan komunitas dengan melakukan sosialisasi di tempat ibadah dan sekolah. Tetapi, tak sedikit dari mereka yang mendapat ancaman dari keluarga pelaku kekerasan.

“Penting juga pendampingan hukum bagi korban dan relawan agar terhindar dari ancaman,” kata Elsina.

Dukungan anggaran juga sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan relawan di lapangan. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan