Seribu Lebih Personil Gabungan Amankan Perayaan Natal di Papua Barat



Foto : Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Turnagogo Sihombing (kiri) dan Kapolres Manokwari, AKBP Deddy Foury Millewa, memantau Pos Pengamanan Operasi Lilin Mnsinam di Jalan Yos Sudarso, depan Pasar Tingkat Manokwari, Selasa (24/12/2019).

MANOKWARI, Nokennews.com – Seribu personil gabungan TNI/Polri, siap mengamankan perayaan malam Natal, Selasa (24/12/2019) di Provinsi Papua Barat.

Personil gabungan ini terdiri atas 904 personil Polri dan 151 personil TNI. Mereka ditempatkan di 170 lebih Pos Pengamanan Operasi Lilin Mansinam 2019 di Papua Barat.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Turnagogo Sihombing mengatakan pengamanan malam Natal akan dilakukan maksimal, termasuk mengamankan jalannya ibadah di gereja.

“Ada sekitar dua ribu gereja di Papua Barat. Meski jumlahnya banyak, kita tetap berupaya menjaga Khamtibmas,” jelasnya saat mengunjungi Pos Pengamanan Operasi Lilin Mansinam di perempatan Makalew, Manokwari.

Menurutnya sejauh ini situasi di Papua Barat secara keseluruhan tetap kondusif. Selain personil TNI, Polda Papua Barat juga membangun komunikasi dengan para tokoh agama, masyarakat hingga tingkat RT.

Secara khusus di Manokwari, Polda Papua Barat mendirikan 6 pos pengamanan (Pospam), yakni di eks Polda lama, depan Pasar Tingkat Sanggeng, perempatan jalan Makalew, depan Toko Orchid, pelabuhan laut dan Bandara Rendani.

Foto : Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Turnagogo Sihombing.

Foto : Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Turnagogo Sihombing.

Penempatan Pospam ini disesuaikan dengan tempat keramaian dan aktivitas warga yang terus meningkat jelang hari Natal dan Tahun Baru 2020.

“Salah satunya di Pospam Makalew, karena ada gereja yang dekat dengan perempatan jalan. Tentu aktivitas warga meningkat saat ibadah malam Natal nanti,” bebernya.

Selain Pospam, Polda Papua Barat juga menempatkan personil sesuai kebutuhan dan melakukan patroli rutin.

Konsentrasi pengamanan ini akan berlangsung hingga tanggal 2 Januari 2020 mendatang.
Kapolda mengajak seluruh masyarakat Papua Barat ikut menjaga keamanan bersama, jelang perayaan malam Natal.

“Pastikan rumah terkunci sebelum pergi ibadah Natal,” pesannya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan