Simulasi Penanganan Bencana, Ampnir : Latihan Sebelum Terjadi



Foto : Pose bersama para stake holder dari Simulasi Penanggulangan Bencana yang digelar BPBD Papua Barat, Selasa (25/8/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Papua Barat, menggelar simulasi penanganan bencana, Selasa (25/8/2020) hingga Kamis (28/8/2020) di Manokwari, Papua Barat.

Kegiatan ini bertujuan menyiapkan segala sumber daya yang dimiliki, agar benar-benar siap menghadapi saat bencana terjadi

“Simulasi melibatkan semua stake holder. Bagaimana menyiapkan SDM yang sigap menghadapi bencana,” ujar Kepala BPBD Papua Barat, Derek Ampnir di sela kegiatan.

Kegiatan ini dinilai sangat penting sekaligus meningkatkan koordinasi baik BPBD, TNI/Polri, Kantor SAR Manokwari, Dinas Kesehatan dan semua pihak termasuk masyarakat.

Foto : Kegiatan Simulasi Penanganan Bencana di Manokwari.

“Saya katakan simulasi ini unik, karena digelar dalam masa Pandemi COVID-19. Bagaimana kita menghadapi bencana, dari dalam ruangan hingga ke luar,” bebernya.

Derek menilai menggelar latihan sebelum bencana menghampiri merupakan langkah yang sangat tepat. Apalagi, Papua Barat sendiri masuk kategori daerah rawan bencana.

“Lebih baik latihan duluan sebelum bencana menghampiri. Dan, itu sekarang yang kita lakukan,” katanya lagi.

Kegiatan ini dilengkapi teori dan praktek, yang dilakukan untuk mematangkan persiapan menghadapi bencana misalnya gempa bumi dan Tsunami.

“Besok gladi rencana operasi dan bagaimana simulasi penanganan saat terjadi bencana dalam ruangan. Teori dan dilanjutkan dengan praktek agar masing-masing memahami tupoksinya,” singkat Derek. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan