SKK Migas Canangkan Potensi Agroforesty Untuk Ketahanan Pangan



Pencanangan potensi agroforestry di Kelurahan Malasom Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Jumat (16/10/2020). (istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – SKK Migas mencanangkan pengembangan potensi wanatani atau agroforestry, mendukung kelestarian ekologi dan ketahanan pangan secara serentak di wilayah Papua dan Maluku.

Kegiatan bersama KKSS BP Indonesia, Genting Oil Kasuari Pte. Ltd, Petrogas Basin Ltd., Petrogas Island Ltd., Pertamina EP Aset 4 Field Papua, juga pelajar dan masyarakat di Kelurahan Malasom Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Jumat (16/10/2020).

Dalam rilis tertulis, pencanangan ini bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia sebagai bentuk dukungan keberlanjutan ketahanan pangan melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) bidang Lingkungan.

Galih Agusetiawan, Kepala Departemen Humas Perwakilan SKK Migas wilayah Papua dan Maluku, mengatakan PPM merupakan bentuk kepedulian pelestarian lingkungan.

“Hingga akhir tahun nanti, upaya penyemaian hingga 10 ribu bibit Pala, Matoa, Durian, Langsat, Rambutan, Mangga, Sengon, Suren dan Agatis,” tulisnya.

Penyemaian sejumlah tanaman bertujuan menghasilkan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Proses benih hingga menjadi bibit (penyemaian) dan penanaman sangat serupa dengan siklus konsep kegiatan eksplorasi migas.

“Keberhasilan proses eksplorasi atau penyemaian secara baik, manfaatnya bagi generasi selanjutnya. Usaha untuk mewujudkan masa depan yang baik,” bebernya.

Koordinator program dari LSM Kasuari, Nur Cahyo mengungkap pengelolaan dilakukan bersama, sekaligus mengajak pelajar dan masyarakat untuk menghadirkan manfaat ekonomi.

“Kami juga kampanyekan melalui media flyer, banner, spanduk berisi materi penyuluhan, agar membudaya dalam perilaku pelajar dan masyarakat,” singkatnya. (rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan