Sriwijaya Air 5 Kali Seminggu dari dan ke Manokwari



Foto : Airport Service Manager District Manokwari, Rimanto Pongsipulung. (istimewa)

MANOKWARI, Nokoennews.com – Aktivitas penerbangan kembali bergeliat di Bandara Rendani Manokwari, Papua Barat. Salah satunya Maskapai Sriwijaya Air, yang sudah melayani rute penerbangan dari dan ke Manokwari, per Juni 2020.

Airport Service Manager District Manokwari, Rimanto Pongsipulung menjelaskan layanan penumpang dan barang berlangsung lima kali seminggu.

“Hari Senin, Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu. Lima kali penerbangan dengan rute Manokwari, Sorong, Makassar dan Jakarta, pulang-pergi,” jelasnya, Selasa (16/6/2020) di Manokwari.

Jauh hari sebelum aktivitas penerbangan dibuka kembali, pihak maskapai Sriwijaya Air telah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat.

Untuk pelayanan, Rimanto yang akrab disapa Pongky, menyebut tiga dasar aturan yang menjadi rujukan, yakni PM Nomor 41 Kemenhub, Surat Edaran Nomor 13 Dirjen Perhubungan Udara dan Surat Gugus Tugas Nasional Nomor 7 tentang kepatuhan penumpang.

“Tentu mengacu kepada protokol kesehatan, Phisycal Distancing (duduk berjarak) penumpang wajib masker, tes Rapid dan PCR, surat bebas influenza,” bebernya.

Maskapai Sriwijaya Air juga menetapkan hanya mengangkut tidak lebih dari 70 persen jumlah penumpang, sesuai kapasitas pesawat. Dalam arti tidak melayani angkutan penumpang full seat seperti penerbangan normal sebelum pandemi Covid-19.

Soal tiket, Pongky mengaku tetap dijual dengan harga normal, dengan tidak melewati batas bawah dan batas atas. Maskapai juga tidak membatasi penumpang berdasarkan KTP domisili.

“Dengan menerapkan protokol kesehatan, sudah tidak membatasi penumpang berdasarkan KTP domisili. Kalau dari instansi pemerintahan dari luar, bisa menunjukan surat tugas dan keperluan ke Manokwari,” paparnya lagi.

Soal imbauan Gubernur Papua Barat, terkait larangan transit barang, jasa dan peti jenazah, tetap diperhatikan. Ia memastikan tidak ada masalah karena penumpang dan barang yang datang dipastikan turun di Manokwari.

Sebelumnya, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan berharap aktivitas penerbangan pesawat dari dan ke Manokwari, kembali berjalan normal.

Tak hanya aktivitas penerbangan, harapan yang sama juga bagi transportasi laut. Saat ini Pemprov Papua Barat, melalui Gugus Tugas Covid-19, sedang menyiapkan berbagai hal penting dalam rangka adaptasi menuju New Normal. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan