Taman Nasional Teluk Cenderawasih, ‘Rumah Nyaman’ Hiu Paus yang Harus Dijaga



Foto : Seminar dan Loka Karya (Semiloka) tentang Hiu Paus, Kamis (12/12/2019) di Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) merupakan salah satu wilayah perairan yang sangat penting untuk Indonesia, termasuk dunia. Pasalnya, wilayah ini merupakan segitiga terumbu karang.

Di perairan Teluk Cenderawasih ini juga merupakan rumah yang nyaman bagi ekosistem Hiu Paus. Dan, hal ini (ekositem) tidak ditemukan di perairan lain.

“Kehidupan Hiu Paus di TNTC harus dijaga. Kami selalu memberi dukungan penuh kepada pemerintah untuk menjaga kelestarian TNTC dan mendukung ekosistem di dalamnya,” ujar Direktur World Wildlife Fund (WWF) Indonesia Imam Mustafa Zainudin, saat seminar dan loka karya (Semiloka) tentang Hiu Paus, Kamis (12/12/2019) di Manokwari.

WWF diakuinya sudah 15 tahun melakukan penelitian sekaligus pengawasan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Kegiatan ini diharapkan memberikan informasi terbaru dan mendukung keberlangsungan hidup Hiu Paus dan seluruh ekosistem di perairan TNTC.

Selain Semiloka, dalam kesempatan itu juga digelar bedah buku yang menulis tentang kondisi Hiu Paus di TNTC.

Kepala Balai Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua Barat, Ben Gerion Sarai menyambut baik semiloka tersebut. Terutama upaya WWF di TNTC.

“Ini merupakan kerja sama tim. TNTC tidak bisa dikelola sendiri karena termasuk Taman Nasional terbesar di Indonesia. Dengan kerja sama berbagai pihak, kelestariannya terjaga baik. Kita ingin pengelolaannya baik dari hulu hingga hilir,” paparnya.

Diyakini pengelolaan yang baik bisa berdampak pada banyak hal. Selain memantapkan keberadaan TNTC, ini juga akan berdampak pada income penduduk sekitar dan menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kedepan, TNTC terus diekspose agar lebih terkenal di dunia,” singkatnya. (bep/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan