Tambah 2 Positif Covid-19 di Bintuni, Kerja Tim Bisa Nampak Akhir Juni



Foto : Juru bicara Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, dr. Wiendo Syahputra Yahya, Sp.P. Diharapkan temuan kasus positif menurun akhir Juni 2020. (istimewa)

MANOKWARI, Nokennews.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, mencatat kenaikan signifikan temuan kasus terjadi akhir bulan Mei 2020.

Dari total 44 kasus positif per Selasa (2/6/2020), 33 orang diantaranya sudah sembuh dan dipulangkan ke keluarga.

Juru bicara Covid-19 Pemkab Teluk Bintuni, dr. Wiendo Syahputra, mengatakan tambahan 2 kasus terbaru berjenis kelamin laki-laki dengan usia 19 dan 26 tahun.

Hasil ini diketahui setelah hasil pemeriksaan PCR di klinik RSUD Bintuni, tanggal 1 Mei 2020. Sebelumnya kedua pasien menjalani isolasi mandiri, dengan pengawasan petugas medis.

Dengan bertambahnya pasien positif, tim Gustu Covid-19 Bintuni, meningkatkan pemeriksaan sampel swab hingga akhir Juni 2020.

“Kurva temuan kasus positif Covid-19 di Bintuni, menanjak pada akhir Mei. Tetapi, sebagian besar pasien sembuh dan sudah pulang,” bebernya, Selasa (2/6/2020).

Menurut dia, pemeriksaan sampel swab mandiri melalui PCR, mempercepat penanganan pasien positif Covid-19. Diharapkan, jumlah temuan kasus positif di daerah itu, cenderung menurun akhir Juni mendatang.

Dokter spesialis Paru ini mengutarakan penanganan temuan kasus positif Covid-19, ditekankan pada percepatan dan pelacakan kontak terakhir orang terkonfirmasi positif.

“Ketika ada temuan, tim kesehatan turun dan melacak, scraning dan tracing kontak pasien, siapa-siapa yang masuk dalam daftar langsung diperiksa. Tim benar-benar maksimal untuk ini,” terang dokter Wiendo.

Yang memudahkan penanganan jika pasien positif tanpa gejala penyakit lain sehingga hanya fokus pada penanganan Covid-19. Dan, mereka ini memiliki potensi kesembuhan yang cukup cepat.

Selain itu, tim Gustu kabupaten Teluk Bintuni, berupaya keras memutus mata rantai penyebaran berdasarkan kelompok rentan beresiko, mereka yang berusia lanjut dengan mengidap penyakit bawaan.

Meski temuan kasus positif Covid-19 di daerah inj didominasi OTG, namun kebanyakan dari mereka dinyatakan sembuh termasuk satu pasien bayi 5 bulan.

“Kuncinya kerja sama semua pihak, gugus tugas, tim medis dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dalam masa pandemi ini,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan