Tambah 44 Positif COVID-19, Walkot Sorong : Tak Soal, Banyak yang Sembuh



Foto : Wali Kota Sorong, Lamberthus Jitmau. Kasus positif COVID-19 Kota Sorong, Tinggi tetapi banyak yang sembuh.

MANOKWARI, Nokennews.com – Kasus positif COVID-19 di Papua Barat, kembali bertambah. Per Jumat (7/8/2020), tambahan 44 orang melengkapi jumlah 536 kasus.

Tambahan kasus positif berasal dari Kota Sorong 33 orang dan 11 orang dari kabupaten Sorong. Secara keseluruhan, jumlah positif terbanyak di Kota Sorong, 266 orang.

Kabupaten Sorong, mencatat 94 kasus termasuk tambahan positif 11 orang hari ini, terbanyak kedua di Papua Barat.

Meski belum 100 persen, tingkat kesembuhan di dua daerah ini terbilang cukup tinggi. Tercatat 153 orang sembuh di Kota Sorong, atau 57,52 persen. Sementara du Kabupaten Sorong, 69 orang juga dinyatakan sembuh atau 73,40 persen.

Kabupaten Manokwari menempati tempat ke tiga kesembuhan COVID-19 di Papua Barat. Dari 83 kasus positif, 42 orang diantaranya dinyatakan sembuh atau 50,60 persen.

Sementara daerah dengan tingkat kesembuhan 100 persen di Papua Barat, adalah kabupaten Teluk Bintun. Dari 50 kasus positif semuanya dinyatakan sembuh dan kini zona hijau. Begitu juga dengan 19 kasus di kabupaten Raja Ampat, yang sudah 100 persen sembuh.

Dari 350 orang yang sembuh di Papua Barat, lima diantaranya dipastikan Jumat hari ini. Dua orang sembuh masing-masing di Manokwari dan kabupaten Sorong dan satu orang di Manokwari.

Terkait tingginya kasus positif COVID-19 di Kota Sorong, Wali Kota Lamberth Jitmau pernah berujar penanganan tim medis tetap berjalan maksimal.

“Positif tinggi tetapi angka kesembuhan juga tinggi. Kesadaran masyarakat meningkat,” ujarnya belum lama ini di Manokwari.

Dari 54 dokter yang bertugas di Kota Sorong, 16 diantaranya merupakan dokter spesialis dan sebagai garda terdepan. Lamberth mengibaratkan Kota Sorong, sebagai ‘Jakarta Mini’ berdasarkan pergerakan dan sebaran penduduk.

“Kalau positif hanya 150-160, itu tidak masalah, karena masih kecil dibanding dengan penyebaran penduduk di Kota Sorong,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan