Tambahan 104 di Manokwari dan Bintuni, Terdata 1003 OTG di Papua Barat



Foto : Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. Jumlah OTG di Papua Barat, mencapai 1003. (red/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Tim Satuan Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Papua Barat, merilis data per Jumat (15/5/2020). Meski tak ada tambahan kasus positif, namun jumlah OTG di Papua Barat, meningkat.

Tambahan 99 OTG di Manokwari dan 15 di Teluk Bintuni, membulatkan total OTG di Papua Barat menjadi 1.003 orang. Jumlah ini naik dari angka 889, Kamis kemarin.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap mengungkap tambahan OTG di Manokwari, berasal dari kasus positif terakhir yang ditangani di Distrik Warmare belum lama ini.

“Peningkatan bukan hanya dari kontak terakhir pasien positif di kampung Warmare, tetapi juga dari kontak dengan petugas kesehatan,” bebernya, saat Vicon Jumat Sore di Manokwari.

OTG, lanjutnya, bisa masuk dalam prioritas untuk dilakukan pengambilan sampel Swab. Namun akan disesuaikan dengan peralatan VTM (Virus Transfer Media).

“Jika alatnya cukup, kita harus melakukan itu. Jika tidak, mau tidak mau harus menggunakan Rapid Tes untuk tambahan OTG di Manokwari dan Bintuni, sesuai data ini,” jelasnya.

Meski demikian, ia mengaku sebagian besar OTG sudah diambil sampel Swab dan dikirim, Selasa (12/5/2020) lalu. Saat ini tim Gugus Tugas tengah menunggu hasil pengiriman sampel tersebut.

Soal penelusuran kontak terakhir pasien positif di kampung Gentuy Warmare, Manokwari, tim surveylance sempat trauma karena ditolak masyarakat tanggal 5 Mei lalu. Dampaknya, tim sempat vakum untuk menelusuri kontak terakhir pasien positif yang dimaksud.

“Masyarakat di Papua Barat, termasuk di Manokwari, diminta tetap melakukan upaya pencegahan. Karena banyak terungkap kasus positif dari waktu ke waktu,” kata dr. Arnold

Hingga kini jumlah OTG di Papua Barat, sudah menyentuh angka 1000 lebih. Sebagian diantaranya sudah dilalukan pengambilan sampel Swab untuk diteliti di laboratorium Kemenkes di Makassar.

OTG tertinggi di Manokwari sebanyak 325 orang, disusul 200 di Teluk Bintuni, 151 di Kota Sorong, 127 di Kabupaten Sorong, 84 di Raja Ampat, 60 di Teluk Wondama, 26 di Manokwari Selatan, 24 di Kaimana dan Fakfak 6 orang.

Sedangkan empat daerah lain masih nihil OTG, diantaranya Kabupaten Pegunungan Arfak, Maybrat, Tambrauw dan Sorong Selatan. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan