Tempati Vila Wisata, Pasien Covid Rileks dan Dilayani Seperti Turis



Foto : Nampak seorang petugas medis mengenakan APD lengkap, memantau aktifitas senam pasien positif Covid-19 di pinggir pantai Waigeo Villa. (red/nn)

WAISAI, Nokennews.com – Penanganan sedikit berbeda dilakukan terhadap pasien positif Covid-19 di Kabupaten Raja Ampat. Jika pada umumnya pasien Covid-19 ditempatkan di rumah sakit, tidak demikian di Raja Ampat.

Fasilitas Wisata digunakan sebagai lokasi karantina 15 pasien positif Covid-19, yaitu Kabui Eco Resort dan Waigeo Villa Resort.

Sekretaris Harian Tim Satgas Covid-19 kabupaten Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo menjelaskan cara ini dilakukan dengan metode pendekatan khusus, medis dan non medis.

Pendekatan medis yang dimaksud adalah tetap mengikuti protokoler kesehatan yang dikeluarkan oleh WHO. Sementara pendekatan non medis melalui pendekatan wisata agar pasien merasa rileks, santai dan tidak stress.

“Setiap hari mereka senam dan makan makanan bergizi, ditambah suplemen seperti vitamin. Mereka juga berenang dan menerima pelayanan wisata layaknya turis dari resort-resort tersebut,” jelas Yusdi, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, pendekatan ini pun agar kasus positif Covid-19 menghindari kontak langsung dengan masyarakat, karena lokasi resort-resort ini cukup jauh dari kota Waisai.

Dan bukan hanya kasus positif, tapi juga keluarga dan pendamping karena beberapa dari kasus positif ini masih balita dan lansia.

“Dan jika masih ada penambahan lagi, resort-resort lain pun sudah disiapkan,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan