Tiga Metode BI Pabar Gandeng Daerah Bentuk Kerja Sama



Foto : Pembahasan KAD BI Papua Barat secara virtual media. (Dok. Humas BI PB)

MANOKWARI, Nokwnnews.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia provinsi Papua Barat, menyusun tiga metode rencana Kerja sama Antar Daerah dengan Pemerintah Kota Sorong dan Pemerintah Kabupaten Sorong.

Pertama, pembentukan sekretariat kerja sama dan menunjuk SKPD sebagai leading sektor mengawal program KAD. Kemudian melibatkan Perusahaan Daerah atau membentuk Regional Management sebagai penghubung produsen dan konsumen. Ini juga untuk memotong rantai tata niaga dan meningkatkan akses informasi.

Provinsi yang prospektif menjadi mitra KAD Papua Barat, adalah Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, dengan komoditas daging ayam ras, bawang merah, bawang putih dan telur ayam ras serta beras.

Sedangkan kerja sama dengan potensi KAD antara Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, dengan komoditas daging ayam dan cabai merah.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Barat, S. Donny H. Heatubun mengatakan KAD merupakan inisiatif BI Papua Barat, untuk implementasi kerja sama daerah baik di Papua Barat dan daerah lain.

“Manfaat kerja sama dirasakan kedua pihak, daerah yang menerima barang dan daerah yang mengekspor barang. Dengan ketersediaan barang daerah pemasok, kestabilan harga daerah konsumen relatif terjaga,” ujarnya melalui rilis yang diterima redaksi Nokennews.com, Selasa (23/6/2020).

Kondisi dan tantangan implementasi kerja sama antar daerah selama ini antara lain peningkatan kualitas layanan publik.

Sementara pengelolaan KAD SKPD teknis belum optimal, pembiayaan KAD sebagian besar berasal dari hibah dan berdampak pada keberlanjutan program kerja sama multi years.

Menindaklanjuti pembahasan KAD, BI Papua Barat, menyiapkan jadwal kegiatan dan melakukan komunikasi teknis terkait perkembangan identifikasi potensi KAD Pemkab Sorong dan Pemkot Sorong.

Sebelumnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Pemerintah Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, membahas kerja sama antar daerah (KAD) secara virtual (online), Rabu (17/6/2020).

Rapat pembahasan kerja sama ini untuk mengidentifikasi potensi KAD antara Pemerintah Kota Sorong dan Pemerintah Kabupaten Sorong. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan