Tim ACT CoTS Raja Ampat Angkat 271 Bintang Laut Berduri



Foto : Tim Aksi Cepat Tanggap Crown of Thorns Starfish, mengangkat Bintang Laut Berduri di perairan Raja Ampat.

WAISAI, Nokennews.com – Tim Aksi Cepat Tanggap Crown of Thorns Starfish (ACT-CoTS) Raja Ampat, memusnahkan Bintang Laut berduri di perairan Raja Ampat, Kamis (6/2/2020).

Pemusnahan Bintang Laut berduri, melibatkan seluruh stakeholder pemerhati laut di Raja Ampat, khususnya untuk memusnahkan hewan pemangsa terumbu karang ini.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah Badan Layanan Umum Daerah (UPTD-BLUD) provinsi Papua Barat, Syafri Tuharea, mengatakan dua tim melakukan pemusnahan di perairan sekitar kampung Saporkren dan Pulau Urai, depan Teluk Kabui.

“Ada total 111 dan 160 bintang laut berduri yang diangkat dari dua lokasi itu, baik dengan pengangkatan dan injeksi cairan kimia,” jelasnya.

Pemusnahan CoTS bintang laut berduri ini dilakukan berdasarkan banyaknya laporan kerusakan karang dan terumbu karang dalam beberapa bulan terakhir.

Menurutnya kegiatan ini akan rutin dilakukan sesuai kesepakatan stakeholder pemerhati laut Raja Ampat, melalui MoU aksi Adopsi Coral saat Festival Pesona Bahari 2019 lalu.

“Bintang Laut Berduri sebagai ancaman cukup besar. Sabtu besok kami akan melanjutkan di sekitar Arborek,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan