TNI AD Siap Akomodir 1000 Siswa Secaba OAP



Foto : Rapat bersama Gubernur Papua Barat dan bupati/wali kota di Manokwari, Senin (3/8/2020). Salah satunya membahas penerimaan Secaba Otsus.

MANOKWARI, Nokennews.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat, menyiapkan 1000 kuota khusus orang asli Papua (OAP), untuk dididik di Sekolah Calon Bintara. Kebijakan penerimaan Secaba jalur Otsus tersebut, melalui Kodam XVIII/Kasuari Papua Barat.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengatakan program 1000 Bintara Secaba hadir berkat perjuangan Panglima Kodam XVIII/Kasuari.

“Ada Bintara Khusus OAP dan Bintara Umum. Tetapi kita membahas yang 1000 kuota OAP,” terang gubernur saat pertemuan bersama bupati/wali kota, termasuk Pangdam XVIII/Kasuari, Senin (3/8/2020) di Manokwari.

Menurutnya 1000 siswa Secaba ini akan dilatih dan dididik pada sejumlah Kodam di Indonesia. Tentu hal ini juga membutuhkan dukungan dana yang cukup besar.

“Sudah disetujui Kasad TNI AD, dengan catatan dibiayai oleh pemerintah daerah untuk OAP. Sedangkan Bintara umum dibiayai panitia seleksi,” jelasnya.

Dominggus menerangkan anggaran pembiayaan 1000 siswa Secaba yang dimaksud, berasal dari dana Otsus. Dan, Pemprov Papua Barat, menyanggupi hal tersebut.

Di sisi lain, pertemuan Gubernur bersama para bupati/wali kota, juga membahas agenda rencana seleksi CPNS Formasi 2019, dan juga rencana pertemuan dengan Menpan-RB di Jakarta. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan