UPT Pariwisata Raja Ampat Perketat Pengawasan Turis Asing



Foto : UPT Pariwisata Raja Ampat mengawasi turis asing asal China yang masuk di pelabuhan Waisai Kabupaten Raja Ampat.

WAISAI, Nokennews.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, memberlakukan pemeriksaan ketat terhadap turis asing yang masuk via pelabuhan Waisai.

Pemeriksaan dilakukan bersama Kantor Karantina Pelabuhan Waisai, berlaku sejak Senin (27/1/2020), pasca merebaknya virus Corona di beberapa negara.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Pariwisata kabupaten Raja Ampat, Carolyn Kakiyai, A.Md. Par menjelaskan pengawasan ketat ini berlaku bagi semua turis asing yang masuk ke Raja Ampat, terutama WNA asal China.

“Yang diperiksa adalah informasi kesehatan melalui Health Alert Card yang diberikan oleh Kemenkes kepada wisatawan,” sebutnya.

Jika tidak memiliki Health Alert Card dan tanpa alasan yang jelas, wisatawan asing dilarang beraktivitas di Raja Ampat.

Menurutnya Pemkab Raja Ampat tidak menolak kehadiran turis asal negeri Tirai Bambu, tetapi lebih kepada inspeksi kesehatan di terminal keberangkatan daerah asal, atau terminal kedatangan di Indonesia.

“Beberapa wisatawan asing yang diperiksa umumnya berlibur hingga 9 hari ke depan,” bebernya.

Jika terindikasi atau suspect virus Corona, mereka akan dikarantina pada lokasi tempat tinggal di Raja Ampat, baik Homestay, Resort atau penginapan. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan