Vaksinasi COVID-19 di Papua Barat, Dimulai Pekan Depan



Penjemputan Vaksin COVID-19 di Bandara Rendani Manokwari, Selasa (5/1/2021).

MANOKWARI, NokenNews.com – Vaksin COVID-19 kiriman dari pemerintah pusat, Selasa (5/1/2021) tiba di Manokwari, Papua Barat. Sebanyak 7.160 vaksin Sinovak asal China ini, untuk sementara disimpan sementara di gudang BPOM Papua Barat.

Kepala Kantor Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat, Herianto Baan, S.Si, Apt mengatakan penggunaan vaksin masih menunggu Izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA).

“Masih dalam proses. Pengurusan berkas masih dilengkapi, semoga minggu ke dua atau 14 Januari 2021 sudah bisa digunakan,” terangnya.

Jaminan efek samping vaksinasi, menurutnya diupayakan pemerintah pusat sesuai standar WHO (World Health Organization). Selain Indonesia, vaksin ini juga digunakan Brazil dan Uni Emirat Arab dan sejumlah negara lain.

“Hasilnya aman. Kalau pun ada kejadian pasca vaksin, pemerintah daerah juga menyiapkan tim penanganan pasca vaksinasi. Balai POM juga menyiapkan tim,” jelasnya.

Diakui akan ada sejumlah berkas yang wajib ditandatangani penerima vaksin. Seperti diketahui, vaksin Sinovak di Papua Barat, diutamakan bagi tenaga kesehatan dan kelompok pelayan publik semisal TNI/Polri.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengungkap tenga kesehatan yang menangani COVID-19 di Manokwari dan Kota Sorong menjadi prioritas sesuai tingkat penyebaran yang cukup tinggi.

“Tenaga kesehatan yang utama karena jumlah vaksin cukup terbatas. Jika cukup, untuk tenaga pelayanan publik TNI/Polri yang biasa berurusan dengan banyak orang,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, vaksin yang tersimpan di gudang Balai POM Papua Barat, dijaga 194 personil Polda Papua Barat. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan