Wagub Lakotani Pimpin Gernas HMPI 2019 di Fakfak



Foto: Puncak Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Papua Barat di Kabupaten Fakfak.

FAKFAK, Nokennews.com – Hari Menanam Pohon Indonesia, serentak diperingati di seluruh Indonesia. Di Papua Barat, Kabupaten Fakfak dipilih menjadi pusat kegiatan serupa yang dipimpin Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani.

Puncak Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) sendiri merupakan program pemerintah yang digerakan secara nasional dikoordinir Kementrian Lingkungan Hidup.

“Kegiatan ini dilakukan dengan cara kampanye bagi masyarakat. Tema HMPI 2019 ialah ‘Pulihkan Lahan, Membangun Masa Depan,” terangnya saat puncak HMPI di Fakfak, Jumat (22/11/2019).

Tujuan HMPI 2019 diantaranya, meningkatkan rasa kepedulian akan pentingnya fungi pohon demi menekan pemanasan global dari emisi gas rumah kaca. Termasuk mendukung pembangunan yang bersih dari polusi.

Menanam pohon secara berkelanjutan juga sebagai langkah merehabilitasi hutan dan menjaga kelestarian sumber daya alam.

“Mari kita sama-sama menjaga lingkungan hidup dengan cara menanam pohon, baik di kantor, rumah dan tempat umum. Jangan lupa menjaga pohon setelah ditanam,” ajak Wagub.

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon ini juga sekaligus mendukung Papua Barat sebagai Provinsi Konservasi.

Sementara alasan pemilihan Fakfak sebagai tempat pelaksanaan kegiatan karena sesuai komitmen Bupati-Wabup Fakfak menjadikan kelestarian SDA dan ekosistemnya.

Apalagi Kabupaten Fakfak memiliki kawasan hutan yang cukup luas, termasuk sebagian yang sudah dikonversi untuk pembangunan infrastruktur dan kepentingan lain.

Luas kawasan hutan di Papua Barat sekira 8,7 Hektar, berisi potensi sumber daya alam. Jika dimanfaatkan secara bijaksana, luasan lahan hutan ini pun bisa bermanfaat bagi keberlangsungan ekosistem kedepannya.

“Kita sudah dikenal sebagai provinsi konservasi sehingga menjadi kewajiban kita untuk memelihara dan meningkatkan kualitas hutan kita,” terangnya.

Lakotani mengingatkan setiap kegiatan pembangunan di Papua Barat harus tak melupakan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan agar tidak merusak lingkungan.

Kegiatan HMPI ini diikuti seluruh Forkopimda Fakfak, termasuk masyarakat dan pelajar serta mahasiswa. Dalam kesempatan ini, Wagub Lakotani membagikan sejumlah bibit pohon kepada masyarakat. (***)

Author

admin

Tinggalkan Balasan