Paulus Waterpauw Siapkan Hadiah untuk Daerah yang Mampu Tekan Angka Stunting

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw di sela peresmian Balai Pelatihan, Rumah Baca dan Rumah Gizi Kasuari di Manokwari, Rabu (18/6/2023). (Foto: RED)

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw menyiapkan hadiah bagi daerah dengan penanganan stunting yang baik.

“Penyerahan hadiah selesai upacara kemerdekaan RI di Stadion Sanggeng,” bebernya saat peresmian Balai Pelatihan, Rumah Baca dan Rumah Gizi Kasuari di Manokwari, Rabu (16/8/2023).

Hadiah dua unit sepeda motor untuk juara satu dan masing-masing satu sepeda motor untuk urutan dua dan tiga kabupaten terbaik.

“Kalau kabupaten yang tidak dapat motor, hanya dapat ucapan selamat,” gurau Jenderal purnawirawan polisi ini.

Ia mengapresiasi kerja keras para bupati dan perangkat daerah dalam penanganan Stunting. Apalagi, fokus penangan hanya berlangsung tiga bulan.

Waterpauw mencontohkan stunting di kabupaten Manokwari, yang sebelumnya berada di angka 20-an sekian persen, kini turun hingga 11 persen.

“Hasil evaluasi dengan dinas kesehatan, angka stunting tujuh kabupaten turun hingga 14 persen dalam tiga bulan. Ini kerja sama yang luar biasa,” paparnya.

Ia menegaskan tak banyak bicara dalam berbagai kesempatan, namun seiring aksi nyata salah satunya penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim.

Penanganan stunting oleh 8 organisasi perangkat daerah (OPD) seperti dinas kesehatan, PUPR, Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, pemberdayaan Perempuan dan Anak serta yang lain.

“Tolong maksimalkan anggaran untuk penanganan, saya lihat prospek anggaran masih banyak untuk perjalanan dinas, sementara untuk kepentingan masyarakat hanya 25 persen,” pesan Waterpauw.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *