Pemkab Kaimana Canangkan Gerakan Menanam Tanaman Pangan

Pencanangan Gerakan Penanaman Tanaman Pangan di Kabupaten Kaimana.

KAIMANA – Pemkab Kaimana melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mencanangkan Gerakan Menanam Tanaman Pangan (Gempar) bersama masyarakat. Pencanangan itu dibuka oleh Wakil Bupati kaimana, Hasbulla Furuada di kebun Demplot milik DKPP, Jumat (3/11/2013) pagi tadi.

“Ini merupakan langkah antisipasi krisis pangan global dan ancaman kekeringan. Saya harap, gerakan ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat. Gerakan ini harus ditindaklanjuti di lingkungan kerja kita masing masing baik di OPD, Distrik, Polres maupun Kodim,” ungkap Wabup Hasbullah.

Menyambung itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kaimana, Aristoteles Idorway menyebut, Gempar merupakan program Pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan daerah.

“Yang kita tanam adalah ubi jalar, singkong, keladi dan sayuran. Ini langkah antisipasi, karena diluar negeri ada gejolak, yang dampaknya akan terasa, apa bila negara-negara besar tidak lagi mengimpor beras ke Indonesia,” terangnya.

Untuk itu lanjut dia, ketahanan pangan lokal perlu dipersiapkan secara baik, sehingga kebutuhan masyarakat akan bahan pangan lokal di pasar bisa terus terpenuhi. Sebab, pemanfaatan pangan lokal secara masif akan mampu memberikan kontribusi positif dalam memperkuat pangan daerah yang tentu juga bisa menejan infalasi dan dampak stunting.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *