Pemprov Papua Barat Punya 50 Bus, Krenat: Untuk Masyarakat, Pelajar Juga ASN

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat Luksen Krenat. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, siap me-launching 10 bus eks PON XX Papua, yang dipinjam melalui Kementerian Perhubungan.

Plt Kadis Perhubungan Provinsi Papua Barat Luksen Krenat mengaku deretan 10 bus sudah berada di halaman kantornya.

“Sebenarnya pekan ini (launching) tapi kita tunda setelah kegiatan Frodasi,” bebernya kepada nokennews.com, Jumat (22/9/2023) di Manokwari.

Pihaknya, lanjut Luksen juga menunggu kiriman 40 bus dari Pemprov DKI Jakarta, sehingga total bus menjadi 50 unit.

Dengan rincian 10 bus mendukung transportasi masyarakat, sementara 40 diantaranya untuk transportasi ASN, pelajar juga kegiatan resmi pemerintahan.

“Sepuluh bus nanti dikelola DAMRI untuk transportasi dalam kota Manokwari juga ke Pantura, Distrik Manokwari Selatan dan Dataran Prafi,” terangnya.

Transportasi bus juga siap melayani masyarakat dari Manokwari tujuan Kabupaten Pegunungan Arfak. Namun tentu saja bus tak langsung melainkan singgah di terminal cadangan.

“Kita akan bangun terminal cadangan sebagai penghubung, dalam arti bus dari Manokwari sampai terminal dan penumpang lanjut dengan dobel cabin ke Pegaf,” paparnya.

Luksen menyebut besar kemungkinan pengadaan kendaraan dobel cabin dilakukan tahun depan untuk mendukung transportasi Manokwari ke Pegaf dan sebaliknya.

Meski demikian salah satu hal yang mengkhawatirkan adalah sempitnya akses jalan dan kepadatan kendaraan dalam kota Manokwari.

“Ini yang harus kita pikir bersama pemkab Manokwari. Bagaimana pun tentu harapan kami untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat,” singkatnya.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *