Pemprov Papua Barat Siapkan Kebun Pangan Susweni 43 Ha

Lahan yang bakal menjadi kebun pangan Pemprov Papua Barat, seluas 43 Ha di Kampung Susweni Distrik Manokwari Utara. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Pemprov Papua Barat, menyiapkan lahan 43 Ha sebagai langkah lanjut program ketahanan pangan sesuai instruksi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Lahan di sekitar rumah jabatan gubernur di Susweni, Distrik Manokwari Timur itu disiapkan untuk melengkapi program pencanangan komoditi cabe di Aimas Kabupaten Sorong dan pencanangan tanam padi sawah 700 Ha di Distrik Sidey Kabupaten Manokwari.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Dr. Yacob Fonataba, M.Si menerangkan persiapan lahan tanam 43 Ha Susweni masuk tahap pembersihan.

“Lahan kebun pangan itu sudah dibersihkan. Setelah itu pengelolaan tanah (bedeng) dilanjutkan dengan persemaian atau pembibitan,” ujarnya, Jumat (4/11/2022).

Pencanangan kebun pangan diharapkan menjadi trigger atau pemicu untuk mengajak masyarakat Papua Barat, ikut mengelola dan memanfaatkan lahan sekitar.

“Tujuannya untuk mendukung program ketahanan pangan yang sudah dicanangkan sebelumnya oleh penjabat gubernur di Kabupaten Sorong dan Manokwari,” terangnya.

Tentang Kemandirian Pangan di Papua Barat, sebelumnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta OPD terkait menginventarisir potensi lahan, sekaligus mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian.

Misalnya pemanfaatan keanekaragaman pangan lokal seperti sagu, ubi jalar (singkong), ubi kayu (Kasbi) dan beberapa komoditi lain agar tak harus fokus pada padi dan beras.

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, M.Si pernah mengatakan program ketahanan pangan bisa diawali dari keluarga, dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah. (ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *