4 Daerah Bisa Terapkan New Normalisasi, Ini Kata Wagub Pabar



Foto : Rapat bersama Forkopimda, membahas Evaluasi Penanganan Covid-19 dan kesiapan Papua Barat memasuki New Normalisasi, Rabu (10/6/2020) di Kantor Gubernur Papua Barat. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Empat daerah di Papua Barat, layak masuk fase tatanan kehidupan baru, (New Normalisasi) ketimbang 9 daerah lain.

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, SH, M.Si, mengatakan daerah jumlah kasusnya sudah menurun atau berada dalam Zona Hijau, dapat menerapkan Kebijakan New Normalisasi.

“Sesuai arahan kementerian Kesehatan, 4 Kabupaten bisa masuk dalam fase New Normal, yakni Kabupaten Pegunungan Arfak, Maybrat, Tambrauw dan Sorong Selatan,” terangnya Rabu (10/6/2020) di Manokwari.

Hal ini sempat dibahas saat Rapat bersama Forkopimda, membahas Evaluasi Penanganan Covid-19 dan kesiapan Papua Barat memasuki New Normalisasi.

Wakil Gubernur juga menyinggung soal 9 Kabupaten lainnya yang masih berada dalam Zona Merah, agar dilakukan penanganan efektif guna menerapkan New Normalisasi.

“Sementara untuk beberapa Kabupaten lain, kita genjot agar bisa masuk dalam fase New Normal,” bebernya.

Disisi lain, Wagub mengaku secara medis Papua Barat belum siap masuk dalam tatanan Hidup Normal baru. Namun di aspek lain keinginan masyarakat cukup kuat untuk masuk dalam fase new Normal atau masa transisi menuju new Normal.

Misalnya melalui aktivitas ibadah yang sudah mau dibuka kembali dan sarana-sarana publik lain.

“Mau atau tidak mau, kita harus persiapkan diri untuk masuk dalam tatanan hidup baru, sebab kalau kita tunggu sampai kapan,” paparnya.

Kehadiran Covid-19 seakan mengurung dan membatasi aktivitas masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia dan Papua Barat. Apalagi, WHO sudah memperingatkan Pandemi ini belum berakhir dalam waktu dekat.

Kita harus menjadikan Protokol Kesehatan menjadi kebiasaan masyarakat. Masyarakat harus dibudayakan pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dalam aktivitasnya,” singkatnya. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan