Empat Bulan Lagi Pilkada, Gubernur Dominggus Ingatkan Netralitas ASN



Foto : Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan. (Dok.Humas Polda PB)

MANOKWARI, Nokenneews.com – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020, tinggal 4 bulan dari sekarang. Banyak imbauan yang disampaikan dari sekarang, demi mewujudkan Pilkada yang aman.

Salah satunya sederet poin penting dalam pesan Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, saat coffe morning kesiapan pengamanan Pilkada serentak 2020, Senin (31/8/2020) di Mapolda Papua Barat.

Menurutnya, netralitas saat Pilkada menjadi perhatian penting dan harus benar-benar diperhatikan aparatur sipil negara (ASN).

“Dilarang berpolitik praktis. ASN dilarang juga masuk sebagai tim sukses. Bawaslu akan mengawasi dan menindak dengan tegas hal ini,” terang Gubernur.

Dominggus juga berpesan kepada seluruh bupati/wali kota di Papua Barat, agar terus mengingatkan netralitas ASN, jelang Pilkada.

Selain netralitas, mantan Bupati Manokwari dua periode ini mengajak seluruh masyarakat Papua Barat, menjaga persatuan dan kesatuan. Terutama, bersama-sama menjaga keamanan saat Pilkada.

“Itu tanggung jawab kita semua, bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan. Mulai dari diri kita, keluarga, lingkungan dan masyarakat secara umum,” jelasnya.

Gubernur berharap pihak penyelenggara menjalankan tugas dengan baik, agar tidak memicu konflik sosial di masyarakat. Apalagi, ada beberapa daerah di Papua Barat, yang masuk dalam kategori rawan.

Kandidat bersama tim sukses, tak lupa diminta menyampaikan visi-misi, bukan menyampaikan kekurangan atau kelemahan calon yang lain.

Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya, mengaku pihak penyelenggara membutuhkan keamanan dan perlindungan dalam setiap pelaksanaan pencatatan di lapangan.

“KPU akan tetap konsisten dalam pelaksanaan tugasnya dan mentaati semua protokol kesehatan COVID-19,” singkatnya.

Sebelumnya Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing SIK, M.Si, menegaskan Polri berkomitmen menjamin pelaksanaan Pilkada serentak berjalan aman, damai dan lancar. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan