Ini Dua Agenda Khusus Raker Bupati se-Papua Barat, 4-5 November



Derek Ampnir, Ketua Harian Satgas COVID-19 Provinsi Papua Barat.

MANOOWARI, NokenNews.com – Rapat Kerja Bupati/Walikota se-Papua Barat, digelar Rabu-Kamis (4-5/11/2020) di Manokwari. Kegiatan selama dua hari itu akan membahas dua agenda penting.

“Pembahasan COVID-19 dan pemulihan ekonomi akibat pandemi. Dua hal ini menjadi fokus Raker,” beber Ketua Harian Satgas COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir, Senin (2/11/2020).

Menurutnya standar penanganan COVID-19 baik provinsi dan kabupaten/kota, akan dirumuskan bersama, baik tenaga, fasilitas, obat-obatan hingga asupan gizi untuk pasien COVID-19.

Seluruh kabupaten/kota di Papua Barat, diharapkan menerapkan metode penanganan COVID-19 yang sama. Langkah antisipasi dan gerak cepat juga harus menjadi perhatian daerah zona hijau dan kuning.

“Tangani COVID-19 itu kerja bersama, dari gubernur, bupati/walikota hingga kepala kampung. Kita upayakan SDM tenaga medis tetap sehat, apalagi jumlahnya terbatas. Maksimalkan puskesmas dan pustu,” papar Ampnir.

Sementara, kabupaten/kota juga di dorong menggiatkan kembali sektor-sektor ekonomi di tengah pandemi. Perekonomian Papua Barat, ditargetkan tetap tumbuh hingga Desember 2020.

“Kita juga akan membahas mana masalah dan potensi ekonomi daerah yang perlu di dorong. Minimal ada peningkatan dari sektor ekonomi dibanding tahun lalu,” sebutnya lagi.

Raker ini diharapkan membawa perubahan serta perbaikan dalam upaya penanganan COVID-19 di Papua Barat, dengan sinergitas antara provinsi dan kabupaten/kota.

Ampnir juga memastikan panitia sekira 30-40 orang termasuk karyawan hotel wajib menjalani rapid tes sebelum kegiatan berlangsung. Ini bertujuan untuk menghindari munculnya cluster baru COVID-19. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan