Jalan Provinsi 1.671 Km Rusak, Gubernur Pabar Ingatkan Pentingnya RTRW



Foto : Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan membuka Rapat Koordinasi Teknis PUPR Papua Barat, Rabu (26/2/2020) di Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Pembangunan dan pengembangan infrastruktur dasar, termasuk akses jalan Provinsi perlu disikapi Dinas PUPR Provinsi Papua Barat.

Dari total 2.309 km jalan dibawah kewenangan provinsi, 1671 km (72,4%) diantaranya dalam kondisi rusak dan sebagian masih berupa jalan tanah. Hanya 638 km (27,6%) yang dalam kondisi baik (aspal).

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengingatkan pembangunan infrastruktur tidak boleh melupakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Saya ingatkan, semua program dan kegiatan harus memperhatikan RTRW,” pesannya saat Rapat Koordinasi Teknis Bidang PUPR di salah satu Hotel di Manokwari, Rabu (26/2/2020).

Saat ini RTRW Papua Barat masih direvisi dan kesempatan ini sekaligus sebagai wadah untuk memberi masukan bagi tim revisi.

“Agar kajian struktur dan pola ruang serta penetapan kawasan strategis provinsi ini berjalan dengan baik,” paparnya.

Beberapa hal menjadi perhatian pembangunan infrastruktur di Papua Barat, salah satunya kondisi geografis yang menyulitkan dan berdampak pada tingginya biaya pembangunan.

Dampak ini juga tertera pada presentase kabupaten/kota yang terhubung dengan jaringan jalan sekitar 42,15 Persen.

Selain jalan, juga belum optimalnya saluran irigasi pada 11 wilayah yang menjadi kewenangan provinsi.

Keterhubungan infrastruktur jalan di Papua Barat, menjadi hal mendasar yang harus dibangun. Pasalnya beberapa wilayah belum terjangkau listrik, penyediaan air bersih, sarana komunikasi serta infrastruktur sosial-ekonomi serta rumah layak huni.

Belum memadainya akses tranportasi jalan bagi wilayah yang memiliki potensi pembangunan sektor wisata, pertanian, kelautan dan perkebunan, juga menjadi catatan penting.

“Perlu penangan serius dan tindak lanjut secara teknis. Rakornis ini saya harap menjawab apa yang disebutkan semua tadi di atas,” singkat gubernur. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan