Karantina Khusus 19 Orang dari Sorong di Gedung Diklat Fakfak



Foto : Satgas Covid-19 Fakfak mengumpulkan 19 orang dari Sorong, Senin (30/3/2020). Mereka masuk Karantina Khusus.

FAKFAK, Nokennews.com – Sebanyak 19 orang, diantaranya 16 mahasiswa dan 3 ASN yang datang dari Sorong, akhirnya menjalani Karantina Khusus di Gedung Diklat Pemkab Fakfak, Senin (30/3/2020).

Ketua Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Fakfak, Ali Baham Temongmere, mengaku langkah ini sebagai pencegahan dan dilakukan sesuai instruksi Bupati Fakfak, Mohamad Uswanas.

“Jam 9 pagi, Bupati instruksikan lewat RRI, agar mereka segera masuk karantina khusus,” bebernya.

Ia juga mengklarifikasi penggunaan speed boat DPRD Fakfak, yang mengangkut ke-19 orang dari Sorong dan tiba di Fakfak, Minggu (29/3/2020) malam.

“Mereka (19 orang), datang atas inisiatif kepentingan pribadi, bukan kedinasan. Kita memang kirim surat pinjam speed ke DPR untuk kepentingan Satgas Covid Fakfak,” jelasnya.

Menurut Ali, surat yang dikirim ke DPRD Fakfak untuk kepentingan mengangkut peralatan medis, termasuk obat-obatan dan Alat Pelindung Diri (APK) serta dua dokter dari Kota Sorong, Sabtu lalu.

Dirinya menegaskan Satgas Covid-19 Pemkab Fakfak, bekerja profesional dan tidak miliki kepentingan selain mencegah wabah virus mematikan ini. ASN atau pejabat yang menggunakan fasilitas Negara tanpa izin, akan ditindak tegas sesuai dengan aturan.

Foto : Arahan Dandim 1803/Fakfak, Letkol Infantri Yatiman, kepada 19 orang dari Sorong, di Gedung Diklat Pemkab Fakfak, Senin (30/3/2020).

“Karantina ini bukan karena mereka penjahat juga bukan hukuman, tetapi kita semua memahami situasi yang sedang terjadi akibat Corona,” ungkapnya.

Ali menyebut langkah karantina khusus ini demi menyelamatkan diri ke-19 orang yang dimaksud, keluarga mereka serta masyarakat Fakfak secara keseluruhan.

Dandim 1803/Fakfak, Letkol Infantri Yatiman mengaku pihaknya siap membantu pengamanan Karantina Khusus bersama personil Polri, Satpol PP dan petugas medis.

“Karantina Khusus ini juga sekaligus membantu kita untuk mencegah wabah Covid-19 ini,” singkatnya. (boy/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan