Kementrian PPPA RI Genjot Responsif Gender ASN Papua Barat



Foto : Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Barat, Elsina Y. Sesa.

 

MANOKWARI, Nokemnews.com – Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, menggenjot responsif gender ASN Papua Barat di Manokwari.

Hal ini terungkap dalam capacity building Bimbingan PUG/PPRG Dinas PPPA Papua Barat yang dipusatkan di salah satu hotel di Manokwari, Rabu (11/12/2019).

Tujuan kegiatan ini tak lain meningkatkan perencanaan anggaran yang responsif gender setiap OPD.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Barat, Elsina Y. Sesa mengatakan peningkatan kapasitas tersebut merupakan salah satu strategi untuk mengintregitaskan gender menjadi satu dimensi integral.

“Semuanya dari perencanaan penyusunan pelaksanaan pemantauan, sekaligus evaluasi atas kebijakan pembangunan,” jelasnya.

Menurutnya, instrumen yang digelar diantaranya membuat analisis biaya dan analisis gender sekaligus. Dicontohkan kemiskinan atau kekerasan, baik yang dihadapi oleh kaum perempuan maupun anak.

“Kegiatan ini digelar dua hari sejak Selasa kemarin, dengan maksud menambah pemahaman ASN tentang semua hal terkait kesetaraan gender,” terangnya.

Elsina berharap ke depan penyusunan anggaran yang responsif gender dipahami semua peserta sehingga tinggal dijabarkan.

“Peningkatan kapasitas gender kini menjadi salah satu perhatian penting. Semoga semua mengerti dan melaksanakannya sesuai harapan kita,” singkatnya. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan