Masyarakat Mansinam Tunggu Realisasi Pembayaran Pekerja Situs



Foto : Roberth Rumbekwan, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Pemprov Papua Barat.

MANOKWARI, Nokennews.com – Realisasi pembayaran hak pekerja situs Mansinam hingga kini belum jelas.

Masyarakat di Pulau Mansinam pun, enggan mengijinkan kegiatan apa pun jelang Perayaan HUT Pekabaran Injil ke-165, 5 Februari 2020.

“Masyarakat di Pulau Mansinam ingin pembayaran dilakukan sebelum HUT PI. Jika sudah dibayar, mereka siap membersihkan dua titik yang akan digunakan saat perayaan nanti,” ujar Roberth Rumbekwan, Staf Ahli Gubernur Papua Barat Bidang Pemerintahan, Senin (13/1/2020).

Menurutnya tindak lanjut penyelesaian pembayaran pekerja situs di Pulau Mansinam ini, akan dilaporkan ke Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Pembayaran pekerja situs Mansinam, memang tidak dianggarkan dalam TA 2019. Selain itu, terdapat sisa anggaran TA 2017 dan 2018, berdasarkan laporan dari Pokja.

“Informasi yang saya terima ada total 18 Miliar rupiah. Tahun 2017 dan 2018, masing-masing 9 Miliar. Ini berdasarkan laporan tim Pokja, hanya saja belum direalisasikan,” terangnya.

Masalah ini juga diselidiki Polda Papua Barat, dengan audit investigasi besaran dan penggunaan anggaran.

Masyarakat Mansinam saat ini siap membersihkan situs dan lokasi yang disiapkan untuk perayaan HUT PI. Namun, hal ini baru dilakukan ketika hak mereka terbayar.

“Mereka juga bertanggung jawab untuk kebersihan di sana. Ini juga akan saya laporkan ke pak gubernur. Semoga ada jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ini,” harap Roberth.

Ia mengaku beberapa situs saat ini dipenuhi rumput dan memang harus dibersihkan. Apalagi akan banyak tamu yang datang dari luar Manokwari.

“Sampai sekarang belum ada aktivitas, seperti pembersihan yang dilakukan jelang perayaan. Masyarakat ingin realisasi pembayaran segera dilakukan,” singkatnya. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan