Muncul 3 Nama, Siapa Sebenarnya Pencipta Lagu Tanah Papua ?



Foto : Kepala Kantor
Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Anthonius Ayorbaba. 

MANOKWARI, Nokennews.com – Dua seniman Musik di Tanah Papua, membenarkan Yance Rumbino sebagai pencipta lagu Tanah Papua. Pembenaran muncul usai pengumuman resmi di Website Kanwil Kemenkuham dan dipublikasikan Sekretariat Daerah Papua Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Anthonius Ayorbaba mengaku sudah bertemu beberapa pihak yang namanya tercantum dalam lagu Tanah Papua, diantaranya Yance Runaweri.

“Namanya tercover dalam Album Trio Wondama dan Cover lagu Trio Ambisi, sebagai pencipta lagu Tanah Papua. Yance tak tahu soal pencatutan namanya dalam album itu,” jelas Ayorbaba di Manokwari.

Yance Runaweri pun tak mendapat Royalti sepeserpun dari pencatutan namanya dalam lagu Tanah Papua yang dipublikasi oleh Trio Wondama dan Trio Ambisi.

Dan kini ia meminta Kanwil Kemenkumham melakukan klarifikasi langsung dengan manajemen Trio Ambisi dan Trio Wondama.

Disisi lain muncul satu nama sebagai pencipta, yakni Hosea Mirino, seniman senior Papua yang menciptakan lagu “Dikala Matahari Terbenam dan Jojo Manfu”.

Namun, Hosea mengaku syair lagu Tanah Papua dalam Gubahan Bahasa Indonesia adalah milik Yance Rumbino. Hosea hanya membuat lagu dalam versi Bahasa Byak diciptakan tahun 1984.

Hosea juga mengaku telah berkomunikasi dengan Yance Rumbino, untuk mengklarifikasi pencipta lagu Tanah Papua yang sebenarnya.

“Hasilnya melalui surat pernyataan bermeterai, Hosea menyebut Yance Rumbino sebagai Pencipta lagu Tanah Papua,” papar Ayorbaba.

Selanjutnya, usai dipublikasikan pada 16 Juni 2020, pihaknya akan menggelar tahapan mediasi antar Yance Rumbino dan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Setalah mediasi dengan menetapkan nilai kompensasi, pihaknya akan mempatenkan lagu Tanah Papua di Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Hak pencipta adalah milik Yance Rumbino tetapi kepemilikan lagu ini milik pemerintah Provinsi Papua Barat setalah sertifikat dikeluarkan. Siapapun yang memakai lagu ini setalah sertifikat dikeluarkan, wajib meminta ijin dari pemerintah provinsi Papua Barat. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan