Papua Barat Lanjutkan Program Tangan Kasih, Masuk Bantuan Tahap Tiga



Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyerahkan bantuan Tangan Kasih kepada salaj satu warga Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan, Senin (14/12/2020). (Ist/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat, melanjutkan program Tangan Kasih kepada pekerja formal dan informal di Ransiki, kabupaten Manokwari Selatan, Senin (14/12/2020).

Kegiatan ini sekaligus dirangkum dengan penyerahan bantuan bahan pokok tahap III bagi masyarakat dan bantuan stimulan bagi pengusaha mikro kecil menengah.

Menurut Dominggus, Tangan Kasih merupakan satu dari beragam program yang dijalankan pemprov Papua Barat, untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Tahap pertama dan ke dua, terdata 8.543 paket bantuan bapok yang disalurkan untuk membantu masyarakat. Sekarang ini masuk tahap ke tiga,” terang Gubernur.

Selain bapok, bantuan dalam bentuk dana stimulan juga diberikan kepada 52.317 tenaga kerja formal dan informal di Papua Barat. Bantuan ini diberikan bagi mereka yang terdampak penyebaran COVID-19 sejak April 2020.

“Tenaga kerja formal dan informal yang terdata mendapat Rp.600 ribu per bulan. Dana ini ditransfer langsung ke rekening mereka,” kata Gubernur lagi.

Bantuan itu dilengkapi pula dengan jaminan BPJS Kesehatan. Jika dihitung sejak bulan April hingga Desember, pekerja formal mendapat Rp.5,4 juta dipotong Rp.200 ribu untuk BPJS Kesehatan.

Di sisi lain, pengusaha mikro kecil dan menengah yang terdaftar juga menerima bantuan dana Rp.2 juta. Mereka diantaranya mama-mama penjual pinang, sayur-mayur dan pedagang lain.

Guna memastikan agar semua bantuan yang disebutkan di atas tepat sasaran, pemprov Papua Barat, menggandeng pihak kejaksaan dan BPKP bersama-mengawasi penyaluran bantuan. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan