Pemprov Papua Barat Cegah Lonjakan Harga Jelang Nataru



Pertemuan Pemprov Papua Barat dan Pelaku Usaha di Manokwari, Papua Barat, Selasa (2/12/2020). (Istimewa)

MANOKWARI, NokenNews.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat, berupaya keras mencegah lonjakan harga kebutuhan pokok jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengungkap sinergitas semua pihak terkait dalam upaya mencegah lonjakan harga dipandang sangat perlu. Apalagi dalam situasi pandemi COVID-19, dan jelang perayaan hari besar keagamaan.

“Lonjakan harga tentu akan membebani masyarakat, apalagi jelang Natal dan Tahun Baru. Di sini, peran semua pihak sangat diperlukan,” ujar Gubernur saat pertemuan Pemprov Papua Barat dan pelaku usaha di Manokwari, Selasa (2/12/2020).

Para pelaku usaha dipandang penting dan ikut berperan menjaga stabilitas stok serta harga pangan di setiap kabupaten/kota Papua Barat. Jelang hari raya Natal, mereka (pelaku usaha) diharapkan tidak menaikan harga di liar batas kewajaran.

“Bisa dikoordinasikan dengan pemerintah daerah soal arus distribusi barang, agar tidak berdampak pada tersedianya stok dan harga barang,” pesan gubernur.

Situasi pandemi COVID-19, memang berpengaruh dan berdampak langsung terhadap sektor ekonomi. Meski demikian, beragam upaya dilakukan pemerintah pusat dan daerah untuk menjaga kestabilan harga dan stok barang.

Salah satu yang biasa dilakukan pemerintah untuk menjaga kestabilan stok dan harga barang adalah dengan menggelar pasar murah. Selain menekan kenaikan harga, kehadiran pasar murah juga membantu masyarakat dengan harga barang yang terjangkau.

“Pemerintah sedang berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi dan ingin inflasi daerah berjalan stabil. Pertemuan ini bertujuan memastikan stok dan harga pangan stabil di Papua Barat, jelang Natal dan Tahun Baru,” singkat Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Papua Barat, George Yarangga. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan