Pemprov Papua Barat Dukung Kemitraan Pembangunan Berkelanjutan Wilayah Pesisir



.

Foto : Lokakarya Kemitraan Bupati/wali kota Pesisir Pembangunan Berkelanjutan Nomor 14 di Kantor Gubernur Papua Barat, Selasa (18/2/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen kuat menjadi provinsi pembangunan berkelanjutan atau Sustainable development Goals (SGDs). Bahkan telah merancang sebuah Perdasus untuk hal tersebut.

Pembangunan berkelanjutan dengan Tujuan (nomor) 14 meliputi, Ekosistem laut Perlindungan dan penggunaan samudera, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan.

Kabid Ekonomi dan Sumberdaya Alam Bappeda Provinsi Papua Barat, Jefri Noxon membenarkan dukungan Pemerintah Provinsi Papua Barat terhadap pembangunan berkelanjutan dengan kemitraan.

“Ini merupakan bagian dari visi misi Gubernur dalam membirukan langit dan menghijaukan Bumi,” bebernya saat Lokakarya Kemitraan Bupati/wali kota pesisir Pembangunan Berkelanjutan Nomor 14 di Kantor Gubernur Papua Barat, Selasa (18/2/2020).

Seluruh OPD teknis kabupaten/kota yang hadir dalan Lokakarya ini, diminta melapor kepada bupati/wali kota, agar berjalan sesuai harapan.

“Kami akan siapkan SK Gubernur, termasuk menyurati kepala daerah setiap kabupaten/kota. Usulan program juga akan didorong dalam rakornis dan musrenbang serta raker bupati,” paparnya.

Kegiatan ini juga melibatkan LSM Rare, organisasi konservasi internasional yang memiliki misi membantu masyarakat mengadopsi perilaku berkelanjutan terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Direktur Kebijakan Rare, Dr. Arwandrija Rukma menilai program berkelanjutan akan maksimal dengan kemitraan yang dibangun bupati/wali kota.

“Akan ada kontribusi positif dengan peran strategis kepala daerah yang bisa ditingkatkan di daerah pesisir,” bebernya.

Menurutnya menjalin kemitraan melalui sebuah forum akan memajukan masyarakat dan nelayan pesisir melalui program unggulan dan manfaat yang kongkrit.

Dinas Kelautan dan Perikanan sejauh ini menjadi leading sektor, namun diharapkan dukungan dari pihak terkait melalui kemitraan. Dan diyakini rencana kerja dengan evaluasi program unggulan setiap daerah bisa terwujud kelak.

Lokakarya Pembangunan Berkelanjutan Nomor 14 ini digagas Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan serta Balitbangda Provinsi Papua Barat. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan