Pemprov Papua Barat Siap Bangun Kantor Sinode GKI di Jayapura



Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menghadiri Raker IV Klasis GKI Manokwari, Kamis (28/1/2021) di Gereja GKI Solavide Arfai Manokwari. (red/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat, berencana membantu pembangunan kantor Sinode GKI Tanah Papua, di Jayapura, provinsi Papua.

Gagasan ini dilontarkan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Kamis (28/1/2021) di Gereja GKI Solavide II Arfai, Manokwari.

“Kalau Pemprov Papua belum siap, kami (Papua Barat) akan bangun kantor Sinode GKI,” ujar Dominggus sebelum membuka Raker IV Klasis GKI Manokwari.

Menurutnya, rencana itu akan diawali dengan peletakan batu pertama usai peresmian Gedung Serba Guna (GSG) Sinode GKI Tanah Papua di Jayapura.

Untuk dukungan anggaran, Dominggus menyebut akan disiapkan tahun 2022 mendatang. Namun, sekali lagi hal itu dilakukan jika Pemprov Papua belum siap.

Dikatakan, struktur pemerintahan terbagi menjadi dua, Papua dan Papua Barat, tetapi tidak untuk Badan Sinode yang hanya satu di Tanah Papua.

“”Pemerintah hadir untuk membangun rumah ibadah termasuk kantor klasis, rumah pastori dan lainnya. Ada yang sudah dibangun tahun lalu, tahun ini dan yang akan dibangun akan datang,” terangnya.

Bantuan Hibah juga dikucurkan Pemprov Papua Barat, untuk pembangunan sejumlah kantor sinode, klasis dan bakal klasis di Papua Barat.

Beberapa diantaranya kantor Klasis Fakfak dan kantor Sinode Advent. Kemudian sejumlah kantor bakal klasis yang diharapkan disahkan menjadi klasis saat sidang Sinode GKI Tanah Papua, di kabupaten Waroper.

“Bakal klasis Abun, Malamoi, Sawiyat Teminabuan, Oransbari dan bakal klasis Tanah Rubuh yang dibangun Pemkab Manokwari. Maret 2021 akan diresmikan kantor klasis Kokas dan Fakfak,” papar Dominggus.

Ia mengaku pembangunan rumah ibadah dan sarana pendukung tidak hanya di dalam kota, tetapi dilakukan juga hingga daerah pinggiran.

Ketua Sinode Tanah Papua, Pendeta Andrikus Mofu, M.Th menyambut baik rencana pembangunan kantor Sinode yang baru oleh Pemprov Papua Barat.

Ia yakin kehadiran kantor itu nantinya akan bermanfaat untuk memperlancar kerja pelayanan BP Sinode GKI di Tanah Papua. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan