Pempus Belum Cairkan Dana Otsus dan DTI untuk Papua Barat



Foto : Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Enos Aronggear. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Dana Otonomi Khusus (Otsus) dan Dana Tambahan Infrastruktur (DTI) Provinsi Papua Barat, belum dicairkan Pemerintah Pusat hingga kini.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat, Enos Aronggear menerangkan realisasi pencairan anggaran yang dimaksud belum hingga masuk Triwulan ke-II.

Menurut dia, dana Otsus dan DTI Tahap pertama juga belum dicairkan. Pelambatan ini berpengaruh terhadap pelaksanan pembangunan dan pemerintahan di Papua Barat.

“Pemerintah telah merencanakan program dari sumber DTI dan Otsus. Kalau itu tertunda, jelas tertunda juga pembangunan di daerah,” ucap Enos, Kamis (11/6/2020).

Terhambatnya transfer pemerintah pusat, berdampak pada sekian program pembangunan yang bersumber dari dana Otsus. Ini termasuk pasokan Rp.225 juta yang dianggarkan bagi setiap kampung.

Aronggear mengaku tak ada kendala di daerah karena semua laporan pertanggung jawaban tahun lalu termasuk surat yang diajukan sudah dipenuhi.

“Kembali ke pusat, kenapa dananya belum masuk. Yang jelas hingga kini belum ada transfer dari pusat,” jelasnya.

Sesuai Perpres Nomor 53 Tahun 2020, Dana Otsus dan DTI mengalami penurunan. Dana DTI Rp.90 M dipotong dari total Rp.1,8 Triliun. Sementara dana Otsus sesuai DIPA 2020 pemerintah pusat mengucurkan Rp.4,3 Triliun untuk Papua Barat. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan