Presiden Jokowi Ingin Para Gubernur jadi Contoh Vaksinasi, Ini Kata Dominggus



Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan memberi keterangan kepada wartawan usai rapat virtual bersama Presiden Jokowi, Rabu (6/1/2021).

MANOKWARI, NokenNews.com – Presiden, Ir.H. Joko Widodo menginginkan para gubernur di Indonesia, siap dan menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat terkait vaksinasi serentak 14 Januari 2021.

Ini terungkap saat Presiden menggelar rapat secara virtual bersama para mentri terkait dan gubernur se-Indonesia, Rabu (6/1/2021). Presiden Jokowi sendiri bersiap mencanangkan vaksinasi serentak, 13 Januari 2020.

Namun, keinginan Presiden Jokowi agar kepala daerah/gubernur yang menerima vaksin berusia di bawah 60 tahun.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengaku ingin menjadi contoh pertama dan mendapat vaksin seperti keinginan Presiden namun terkendala usia.

“Saya sebenarnya siap divaksin tetapi usia saya sudah lebih dari 60 tahun. Saya tunggu vaksinasi tahap berikut,” ujarnya kepada awak media usai rapat virtual di Manokwari.

Ia mengaku dalam rapat itu, sejumlah kepala daerah di Indonesia, tak lupa melaporkan data dan perkembangan kasus COVID-19. Untuk Papua Barat, baik sasaran vaksinasi kepada tenaga kesehatan dan petugas vaksin (vaksinator) telah siap.

Jatah 1.760 Vaksin untuk Papua Barat, telah tiba di Manokwari dan saat ini sedang disimpan di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Papua Barat. Dari jumlah ini, vaksin akan disebar ke seluruh kabupaten/kota dengan prioritas utama tenaga kesehatan.

“Prioritas petugas kesehatan, jika memungkinkan akan diberikan juga untuk tenaga publik termasuk guru dan petugas bank,” sebut Dominggus yang juga sebagai Kepala Suku Besar Arfak ini.

Selain tenaga medis, vaksinasi 14 Januari nanti juga diberikan kepada perwakilan tokoh masyarakat, agama dan perempuan. Mereka ikut menjadi contoh penerima vaksin yang digelar pemerintah.

Sesuai rencana jajaran Forkopimda Papua Barat, menggelar rapat teknis untuk membahas sasaran dan penerima vaksin, Kamis (7/1/2021) besok.

“Siapa-siapa yang akan ikut dalam vaksin serentak 14 Januari mendatang, itu yang akan kita bahas dalam rapat nanti,” singkat gubernur. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan