Puskesmas Ransiki Jadi Percontohan di Papua Barat



Foto : Penandatanganan prasasti peresmian Puskesmas Ransiki oleh Gunernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan. (ajm/nn)

MANSEL, Nokennews.com – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Rawat Inap di Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat, Rabu (27/5/2020).

“Pembangunan Puskemas menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Untuk mendukung pelayanan kesehatan yang efektif, Pemerintah Provinsi mendukung pembangunan Puskemas di beberapa daerah,” jelasnya

Menurutnya tiga puskesmas model percontohan yang dibangun, Puskemas Kabupaten Sorong yang sudah beroperasi, Puskesmas Maybrat menunggu peresmian dan Puskemas Manokwari Selatan, yang diresmikan.

“Kami harap Puskemas di Distrik Ransiki menjadi Puskemas Rujukan bagi Puskemas lain di Kabupaten Manokwari Selatan,” terangnya.

Orang Nomor satu di Provinsi Papua Barat ini meminta masyarakat Manokwari Selatan, menjaga kebersihan puskesmas.

“Masyarakat berobat di Puskesmas untuk sembuh, bukan tambah sakit. Para medis melaksanakan pelayanan yang baik dan menjaga kebersihan puskesmas,” kata gubernur lagi.

Puskesmas berlantai dua ini menelan anggaran Rp.16,57 Miliar, bersumber dari APBD Papua Barat tahun anggaran 2015, 2017, 2018 dan 2019.

Puskesmas bertipe Perawatan harus menempatkan tenaga dokter spesialis, minimal dua spesialis, anak dan penyakit dalam. Tergantung kebijakan pemkab setempat. Jika tidak, minimal ditempatkan dokter umum.

Sejumlah fasilitas di puskesmas ini diantaranya 18 tempat tidur, ruang rawat inap, ruang pemeriksaan umum, ruang KIA/KB, ruang bersalin dan ruang obat.

Turut hadir dalam acara peresmian, Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Wakil Bupati, Wempi Rengkung, Kapolres Manokwari Selatan, LO BPBN, Kasatker Perumahan Kementerian PUPR RI dan OPD Pemerintah Provinsi Papua Barat. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan